Senin , 11 Desember 2023
Ruang SiswaEditor's PickHeadlineSchool lifehack

5 Kegiatan yang Bisa Dicoba Maba Saat Semester Satu

kegiatan maba
Sumber:google/Campuspedia

Madingmu.com –Madingmu.com – Semester pertama adalah saat yang tepat untuk mencoba banyak hal baru dan memutuskan apa yang ingin Anda konsentrasikan selama empat tahun kuliah berikutnya. Minat Anda dapat membantu Anda mengatur kehidupan perkuliahan Anda. Beberapa mahasiswa lebih memilih untuk kembali ke rumah atau asrama setelah lulus dan melanjutkan kuliah. Namun, apakah hal itu terasa seperti sebuah kerugian? karena ada banyak kegiatan yang bisa dieksplorasi di kampus.

Seperti daftar kegiatan yang tertera di unggahan Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti) berikut ini.

Di semester pertama, mahasiswa baru dapat mencoba 5 hal ini 

1. Daftar komite kampus dan organisasi kemahasiswaan

Langkah pertama untuk meningkatkan portofolio kuliah Anda adalah dengan mendaftar ke organisasi kemahasiswaan di kampus. Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat Anda agar Anda tidak merasa terpaksa menjalankannya.

Menjalin pertemanan baru di kampus dari berbagai fakultas dan departemen adalah manfaat lain dari tindakan ini. Untuk memajukan profesi Anda, portofolio Anda juga harus ditingkatkan. Namun, pertahankan juga hubungan dengan orang-orang yang dapat mendukung Anda pada saat dibutuhkan.

2. Daftar beasiswa yang tersedia

Bisa mencari dan mendaftar untuk program beasiswa untuk membantu membiayai pendidikan perguruan tinggi. Beberapa beasiswa juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa tahun pertama untuk mendaftar.

Nantinya, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai bentuk dukungan yang ditawarkan. Karena beberapa beasiswa menyediakan biaya hidup serta bantuan keuangan untuk biaya kuliah.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Menyenangkan Untuk Mengisi Liburan Sekolah Anak

3. Mengikuti kompetisi kampus yang bersifat internal maupun eksternal.

Mahasiswa akan mendapatkan pelatihan untuk memperkuat kemampuan intrapersonal dan interpersonal mereka melalui keikutsertaan dalam kompetisi. Kamu bisa mendapatkan predikat mahasiswa berprestasi loh detikers dengan melakukan langkah ini.

Melalui organisasi, kamu bisa menentukan apakah akan berkonsentrasi pada kompetisi di bidang akademik atau non akademik. Jangan biarkan kesempatan baik lewat begitu saja!

4. Ikut serta dalam penelitian instruktur

Berpartisipasi dalam inisiatif penelitian profesor membuka kemungkinan jaringan baru dan menumbuhkan interaksi positif dengan dosen. Detikers juga akan mempelajari wawasan ilmiah dalam topik studi yang akan membantu Anda di tahun-tahun akademik berikutnya.

5. Mulailah belajar tentang inisiatif Kampus Merdeka.

Mulailah mempelajari inisiatif Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai tugas penting lainnya. Dengan bantuan kurikulum ini, mahasiswa memiliki banyak pilihan untuk mengembangkan kemampuannya sesuai dengan minat dan bakatnya.

Ada program lain yang dapat diikuti, termasuk kampus mengajar, pertukaran pelajar, kewirausahaan, dan magang. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ dan akun media sosial Kemdikbud.

Demikianlah lima hal yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu selama menjalani semester pertama. Namun demikian, tetap perhatikan kesehatan fisik dan mental Anda.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan211
Literasi Keuangan30
Ruang Siswa107
Beasiswa137
School lifehack91
Hiburan144
Editor's Pick780
Terpopuler744
Opini10
Serba Serbi376

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.