Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

3 Nilai Mata Pelajaran Ini Harus Bagus Saat Daftar Kedokteran di SNBP 2024

IMG 5173

Madingmu.com – Siswa SMA atau SMK yang ingin memilih jurusan Kedokteran di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, harus memiliki nilai yang baik pada 3 (tiga) mata pelajaran atau mapel pendukung. Seperti yang diketahui, mapel pendukung SNBP adalah mata pelajaran yang berhubungan atau linier dengan program studi atau jurusan kedokteran di perguruan tinggi.Untuk lebih jelasnya,

3 Mapel yang Nilainya Harus Bagus untuk Mendaftar Kedokteran di SNBP 2024

Ketika mendaftar kedokteran di SNBP, maka mata pelajaran yang berhubungan dengan materi kuliah jurusan ini harus memiliki nilai bagus atau unggul. Mapel pendukung ini disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Saat ini, ada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 yang digunakan siswa SMA/MA sesuai dalam Keputusan Mendikbud Ristek RI Nomor 345/M/2022. Sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 masih mengelompokkan siswa berdasarkan kelompok siswa jurusan IPA, IPS atau bahasa. Sedangkan sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka tidak lagi mengelompokkan siswa kedalam jurusan tertentu. Karena itu, mapel pendukung untuk memilih jurusan kedokteran di antara kedua kurikulum tersebut akan berbeda. Jadi, nilai mapel apa saja yang harus bagus buat Jurusan Kedokteran di SNBP 2023?

Pada aturan yang sudah disebutkan di atas, untuk bisa diterima di Jurusan Kedokteran, siswa SMA harus punya nilai unggul di mapel Biologi, Kimia atau Matematika.

Meski demikian siswa tidak harus unggul pada tiga mapel tersebut. Sebab siswa bisa menyertakan 2 nilai dari 3 mapel tersebut yang sesuai Kurikulum sekolahmu. Dalam SNBP, siswa akan dinilai dari rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran yang sudah diampu. Komponen pertama nilai rapor mempunyai bobot penilaian paling sedikit 50 persen. Komponen kedua yaitu minat dan bakat. Berisi nilai 2 mata pelajaran pendukung jurusan kuliah, termasuk mencangkup portofolio atau prestasi lainnya.

Setiap sertifikat dan prestasi yang relevan dengan tujuan yang dituju akan menambah bobot penilaian paling banyak 50 persen. Tetapi perlu dicatat, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga memiliki kewenangan menentukan komposisi persentase antara komposisi persentase pertama dan kedua. Lebih jelasnya, ini mapel pendukung untuk bisa memilih Jurusan Kedokteran di SNBP 2023:

  1. Mapel Kurikulum Merdeka: Biologi dan/atau Kimia
  2. Mapel IPA Kurikulum 2013: Biologi dan/atau Kimia
  3. Mapel IPS Kurikulum 2013: Matematika
  4. Mapel Bahasa Kurikulum 2013: Matematika.

Disamping mengetahui mapel pendukung, ketahui pula syarat daftar SNBP berdasarkan pelaksanaan tahun 2023.

Syarat Peserta SNBP Siswa wajib memenuhi beberapa persyaratan ini untuk mengikuti SNBP, sesuai aturan tahun 2023. Berikut rinciannya:

  1. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  3. Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS.
  4. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio, di antaranya:
  • Olahraga.
  • Seni Rupa, Desain, dan Kriya.
  • Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari).
  • Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama).
  • Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik).
  • Seni Karawitan.
  • Etnomusikologi.
  • Fotografi.
  • Film dan Televisi.
  • Seni Pedalangan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.