Kamis , 29 Februari 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

5 Hal Bikin Kamu Tidak Lolos Beasiswa LPDP 2024

cara mendaftar beasiswa lpdp

Madingmu.com –  Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 akan dibuka awal tahun. Pendaftar bisa mempersiapkan berkas yang dibutuhkan dari sekarang. Saat mempersiapkan berkas atau dokumen beasiswa, perlu di ketahui bahwa ada 5 hal yang membuat kamu gugur atau tidak lolos di LPDP 2024.

Saat ini sudah ada ribuan mahasiswa yang berhasil lolos beasiswa ini. Karena itu persaingan mendapatkan beasiswa ini sangatlah  ketat.  Namun agar bisa lolos beasiswa LPDP 2024, calon mahasiswa bisa mengetahui hal apa saja yang berpotensi membuat pendaftar tidak lolos.  Dilansir dari laman Instagram layanan bimbingan belajar ke luar negeri, @kobieducation pada Jumat (8/12/2023), berikut ini 5 hal yang bikin kamu tidak lolos beasiswa LPDP 2024.

  1. Curang selama tahap pendaftaran

Apabila kamu melakukan kecurangan selama proses pendaftaran LPDP, kamu akan dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan administrasi, seperti ketentuan usia, IPK, kemampuan bahasa, masa berlaku sertifikat bahasa, ketentuan surat rekomendasi, dan lainnya.

  1. Menyampaikan informasi palsu

Bila informasi yang kamu berikan ada yang terindikasi palsu, sanksi yang didapatkan ialah sanksi administratif berat berupa pemberhentian sebagai penerima beasiswa dengan kewajiban pengembalian dana studi yang telah diterima. Pelanggar akan masuk dalam blacklist dan diblokir untuk mengikuti program LPDP di masa mendatang. Baca juga: 17 Jenis Beasiswa LPDP

Jadi, pastikan semua informasi yang diberikan saat pendaftaran seperti data diri, ijazah, transkrip, dan esai, sertifikat adalah benar adanya dan sesuai fakta. Jangan dilebihkan atau dikurangi.

  1. Mengundurkan diri dari statusnya sebagai CPNS, PNS, Prajurit TNI atau anggota Polri

Kalau mengundurkan diri dari institusi penegak hukum dan institusi pemerintah saat sudah menerima beasiswa, maka sanksinya adalah diberhentikan beasiswanya. Maka jangan pernah mengundurkan diri dari jabatan sebagai anggota Polri, TNI, maupun PNS, setelah ditetapkan sebagai calon atau penerima beasiswa LPDP.

  1. Pakai dokumen kadaluarsa atau dokumen yang waktu penerbitannya tidak sesuai ketentuan LPDP

Bila dokumen yang diberikan memiliki batas waktu dan sudah terlewat, maka berpotensi gagal dan ditolak untuk lanjut tahap administrasi. Sebelum mendaftar, pastikan kamu cek ketentuan tiap dokumen, misalnya untuk surat rekomendasi tidak boleh berumur lebih dari satu tahun. Jika kamu mendaftar LPDP di bulan Februari 2024, surat rekomendasi harus dibuat di bulan Februari 2023 atau setelahnya. Jangan lupa bagi kamu yang mendaftar beasiswa ke luar negeri, jangan sampai sertifikat bahasa Inggris, LoA, dan lainnya terlewat dari batas waktu yang ditetapkan.

  1. Dokumen kurang lengkap

Dokumen yang kurang lengkap juga memengaruhi, lolos atau tidaknya memperoleh beasiswa LPDP. Jikalau lupa dan dokumen tidak lengkap, tentu saja tidak lolos administrasi. Jadi jangan lupa cek dan liat dokumen atau syarat apa saja yang sudah kamu penuhi. Pastikan juga IELTS atau dokumen lain yang di upload masih berlaku atau tidak kadaluwarsa.

Itu dia 5 hal yang bikin tidak lolos beasiswa LPDP 2024. Perhatikan poin-poin di atas, agar tak gagal meraih beasiswa.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.