Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Freelance Job Bisa Jadi Ladang Cuan Untuk Ibu Rumah Tangga, Bisa Dapat Uang Hingga Capai 2 Digit!

3743393451

Madingmu.com – Menjadi seorang perempuan memang tidaklah mudah. Kita dihadapkan pada berbagai macam pilihan dalam hidup yang tidak mudah. Salah satunya adalah ketika seorang perempuan sudah menikah dan memiliki anak.

Pada titik itu akan muncul kegalauan, apakah sebaiknya berkarier demi membantu perekonomian rumah tangga atau menjadi seorang ibu rumah tangga sehingga bisa 100% mengurus anak?

Kegalauan ini sungguh sangat menyita waktu dan emosi. Tidak ada yang salah dalam pilihan setiap perempuan yang memilih menjadi seorang wanita karir yang bekerja di luar rumah atau menjadi seorang ibu rumah tangga. Keduanya hebat dan sangat perlu untuk diapresiasi.

Bagi kamu yang memilih untuk menjadi seorang IRT namun tetap ingin membantu ekonomi rumah tangga, kamu e nggak perlu risau. Zaman sekarang ada banyak banget lho kerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah dan mendapatkan penghasilan. Apa saja, ya?

  1. Freelance Writer

Pekerjaan lepas ramah ibu ini cocok untuk kamu yang lebih introvert, yaitu menjadi seorang penulis lepas. Pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang hobi nulis (mulai dari curhat di notes hingga menulis cerpen atau novel) dan juga membaca.

Ada banyak tipe dalam pekerjaan ini, mulai dari content SEO writer, copywriter, technical writer, UX writer, dan juga ghostwriter. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang penerjemah, penulis buku, membuat jurnal, dan lainnya. Banyak banget yang bisa dieksplor pada pekerjaan satu ini.

Walaupun saat ini AI sedang menjadi musuh bagi para penulis, namun tetap saja, nyawa sebuah tulisan itu akan berbeda jika ditulis menggunakan perasaan atau hanya sekadarnya saja.

  1. Content Creator

Bagi kamu yang hobi buat-buat konten, seperti konten edukasi, memasak, merawat bayi, dan lainnya, menjadi seorang content creator bisa menjadi hal yang sangat menjanjikan sebagai ajang berkreativitas. Bonusnya, tentu saja mendapatkan cuan.

Sekarang udah banyak lho platform bagi para content creator untuk menghasilkan karya dari membuat konten. Namun, satu hal yang perlu diingat, Nggak ada sesuatu yang instan! Begitu pula menjadi seorang konten kreator.

Kelihatannya gampang, tapi dibalik membuat suatu konten baik itu video, tulisan, maupun carousel, sudah pasti membutuhkan tenaga, waktu, dan juga uang pada awalnya. Namun, jika dilakukan secara konsisten, disiplin, dan tanpa diberatkan pada suatu ekspektasi, pasti akan menuai hasil yang baik.

  1. Social Media Specialist

Pekerjaan yang bisa dilakukan seorang ibu untuk mendapatkan cuan dari rumah terakhir adalah menjadi social media specialist. Jika kamu adalah seseorang yang media sosial banget, mengikuti tren, pintar berkomunikasi, mengerti cara menggunakan berbagai analysis tools, dan juga memiliki keahlian di bidang desain komputer, maka pekerjaan ini cocok untukmu.

Lingkup pekerjaannya lebih kepada memasarkan produk klien untuk meningkatkan penjualan dengan berbagai cara seperti membuat konten yang bernilai dari segi isi maupun visual, mengelola media sosial, berkomunikasi dengan para pengikut di medsos, dan masih banyak lagi.

Nggak tanggung-tanggung. Dilansir dari Glassdoor, social media specialist bisa mendapatkan gaji setiap bulannya sebesar Rp8juta hingga Rp25juta.

  1. Virtual Assistant

Pekerjaan lepas satu ini sedang booming dan mulai diminati oleh para ibu rumah tangga. Kabarnya, jika kamu memang menekuni pekerjaan ini, kamu bisa mendapatkan fee dua digit, loh, Sebenarnya, apa,sih virtual assistant itu dan kerjaannya ngapain aja?

Dengan masifnya bisnis online yang berjalan saat ini, pekerjaan menjadi seorang VA menjadi primadona. Dikutip dari laman Upwork, Virtual Assistant adalah sebuah pekerjaan yang dikerjakan secara daring terkait administratif, teknis, maupun pemasaran untuk sebuah bisnis.

Sebenarnya, banyak sekali jenis pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang VA, tergantung spesialisasi dan kualifikasi masing-masing. Beberapa contoh pekerjaan yang dilakukan oleh seorang VA adalah menjadi asisten pribadi, entri data, manajemen media sosial, mengelola email, pemegang pembukuan, riset konten, penulis konten, dan lain-lain.

Lebih menarik lagi, menjadi seorang VA bisa dapat bayaran yang cukup fantastis, dimulai dari Rp120ribu hingga Rp180ribu per jam untuk keahlian paling dasar. Bahkan, bagi yang udah level atas, bisa dibayar hingga Rp500ribu per jam.

  1. Data Entry

Selain virtual assistant, pekerjaan lepas yang lagi banyak diminati karena kesempatan yang semakin besar adalah data entry. Apa itu? Mengutip dari laman Flexjobs, entri data merupakan sebuah pekerjaan yang memasukkan informasi atau memperbarui catatan dengan basis data atau sistem komputer.

Nggak perlu khawatir karena pekerjaan ini nggak melirik usia dan pengalaman kerja, loh. Menjadi seorang pekerja entri data dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keahlian dalam Microsoft Office seperti Excel Spreadsheet, dapat mengetik dengan cepat, sangat teliti, dan bisa bekerja sesuai deadline.

Berdasarkan Payscale, rata-rata upah seorang petugas entri data per jamnya adalah sekitar Rp240ribu, Beauties. Nah, bagi kamu yang merasa memiliki kualifikasi di atas, pekerjaan ini layak untuk dicoba.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.