Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Diperingati Setiap Tanggal 2 Mei, Begini Sejarah Hari Pendidikan Nasional

045511400 1599542474 KI HAJAR DEWANTARA

Madingmu.com – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, bukan hanya menjadi momen untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara, tetapi juga menjadi pengingat akan sejarah panjang perjuangan pendidikan yang ada di Indonesia. Semangat Ki Hajar Dewantara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan harus terus dikobarkan.

Jauh sebelum kemerdekaan, pendidikan di Indonesia masih terbelenggu oleh sistem kolonialisme Belanda. Pendidikan hanya diperuntukkan bagi kaum elit, dan anak-anak pribumi terpinggirkan. Di sinilah peran Ki Hajar Dewantara, seorang jurnalis dan aktivis pergerakan kemerdekaan, menjadi sangat penting.

Lahirnya Taman Siswa

Pada tahun 1922, Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekannya mendirikan Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang bercita-cita untuk memerdekakan dan mencerdaskan bangsa. Taman Siswa juga menjadi simbol perlawanan terhadap sistem pendidikan kolonial yang diskriminatif.

Tidak hanya mendirikan sekolah, Ki Hajar Dewantara juga mencetuskan filosofi pendidikan yang dikenal dengan “Tut Wuri Handayani”. Filosofi ini menekankan peran guru sebagai pembimbing yang mendorong kemandirian dan kreativitas siswa.

Keterlibatan Ki Hajar Dewantara dalam dunia pendidikan tak berhenti sampai di situ. Beliau juga aktif dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1927, beliau ditangkap dan diasingkan ke Belanda karena tulisannya yang kritis terhadap pemerintah kolonial.

Penghormatan

Setelah kemerdekaan Indonesia, Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kiprahnya yang luar biasa dalam dunia pendidikan membuatnya dijuluki sebagai “Bapak Pendidikan Nasional”.

Kemudian untuk mengenang jasa-jasanya, pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959, pada tanggal 16 Desember 1959, menetapkan tanggal lahir Ki Hajar Dewantara, yaitu 2 Mei, sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.