Rabu , 26 Juni 2024
Hiburan

5 Cara Efektif Hilangkan Jerawat di Punggung agar Kulit Bisa Mulus

man black shirt looks confused unexperienced lost 144627 52521

Madingmu.com – Jerawat tak hanya muncul di wajah, tetapi juga di area tubuh lainnya seperti dada, bahu, hingga punggung. Jerawat yang muncul di punggung sebenarnya merupakan kondisi yang umum ditemui, akan tetapi banyak orang tidak menyadari karena jerawat tersebut tidak terlihat.

Jerawat di punggung bisa mengganggu penampilan dan kenyamanan bagi seseorang yang mengenakan pakaian dengan punggung terbuka. Selain itu, orang yang mengalaminya juga akan merasa tidak nyaman dan gatal.

Penyebab Jerawat di Punggung

Dilansir dari Dermatology Times, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat punggung. Ternyata, penyebab jerawat punggung tidak jauh berbeda dengan jerawat yang ada di wajah.

Penyebab yang pertama adalah produksi minyak yang berlebih. Hal ini bisa menyumbang perkembangan jerawat. Pada area punggung, kelenjar sebum lebih besar dapat memicu produksi minyak yang lebih banyak. Faktor lainnya adalah hormon. Umumnya, jerawat muncul saat produksi hormon tertentu mengalami peningkatan secara signifikan, seperti saat pubertas dan pada wanita saat menstruasi dan kehamilan.

Selain itu, pori-pori yang tersumbat juga bisa menjadi penyebab jerawat punggung. Pori-pori yang tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati menjadi pemicu utama jerawat. Bakteri Propionibacterium acnes, yang hidup di pori-pori tersumbat, juga berkontribusi pada peradangan dan pembentukan jerawat.

Nggak perlu panik, Berikut ini beberapa cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat punggung.

  1. Mandi Setelah Berkeringat

Langkah pertama untuk mengatasi jerawat punggung adalah menjaga kebersihan kulit secara menyeluruh. Indonesia merupakan negara tropis. Sering kali setelah berkegiatan, kita akan berkeringat. Sebab itu, salah satu cara menjaga kebersihan tubuh adalah langsung mandi setiap habis melakukan kegiatan.

  1. Gunakan Pelembap Non-Komedogenik

Sehabis mandi, kulit punggung tetap harus dijaga kelembapannya, caranya dengan mengaplikasikan pelembap. Pilih pelembap non-komedogenik yang dirancang khusus untuk kulit berjerawat. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko timbulnya jerawat baru.

  1. Eksfoliasi

Gunakan produk scrub yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide. Berdasarkan penelitian Salicylic acid as a peeling agent: a comprehensive review, terbukti efektif dalam mengatasi jerawat. Lakukan dua kali dalam seminggu.

Baca Juga : 6 Tips Yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengurangi Kemerahan Akibat Jerawat

  1. Hindari Memakai Pakaian yang Ketat

Pakaian yang ketat dapat menyebabkan gesekan berlebihan pada kulit punggung dan dapat memperburuk jerawat. Sebaiknya, pilih pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan-bahan seperti katun untuk memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan mengurangi iritasi.

  1. Bersihkan Tempat Tidur

Jangan lupa untuk selalu membersihkan barang-barang pribadi seperti sprei, bantal, dan guling agar bakteri tidak menumpuk. Pastikan untuk menggantinya secara berkala setidaknya seminggu sekali agar tidak memperparah jerawat punggung.

Menghilangkan jerawat punggung membutuhkan perawatan yang konsisten. Ikuti langkah-langkah di atas agar kamu dapat meningkatkan kesehatan kulit punggung dan mengurangi resiko timbulnya jerawat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.