Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

4 Tips untuk Mahasiswa Baru yang Merasa Salah Jurusan

Madingmu.com Semua tingkat pendidikan, awal tahun ajaran baru merupakan masa penyesuaian, terutama bagi mereka yang baru saja beralih dari sekolah menengah ke perguruan tinggi atau pendidikan tinggi lainnya. Selain itu, jika periode penyesuaian ini diikuti dengan kepindahan pertama Kamu dari orang tua. Tubuh akan mengalami hal ini seolah-olah menanggung beban yang berat.

Bertemu dengan orang baru dan merasakan suasana baru memang menyenangkan dan dapat mengubah hidup Kamu. Lalu, apakah rencana studi atau jurusan yang Kamu ambil sudah tepat? Menurut sebuah unggahan di Instagram resmi Balai Pengembangan Pengujian Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, biasanya siswa merasa salah jurusan ketika tahun ajaran baru dimulai.

Saat menyesuaikan diri dengan kehidupan baru, beberapa orang sering mengalami perasaan ini. Jadi, sadarilah bahwa perasaanmu itu normal!

Empat Cara Jika Merasa Jurusan yang Kamu Pilih Salah

1. Kenali Emosi

Bertanya pada diri sendiri, apakah Kamu sudah memilih jurusan yang tepat? Ketidakpastian atas pilihan penting seseorang dapat disebabkan oleh berbagai keadaan. Pertimbangkan apakah Kamu benar-benar yakin bahwa mengambil jurusan yang salah atau, apakah ketakutanmu akan materi dan masalah yang akan hadapi adalah sumber kekhawatiranmu yang sebenarnya?

2. Tunjukkan Kesabaran

Kamu mungkin tidak memilih jurusan yang salah, tetapi Kamu mungkin tidak menyadari betapa fantastis dan besar potensinya. Jadi, bersabarlah dan pelajari lebih banyak tentang jurusan pilihan Kamu. Pada akhirnya, Kamu akan menemukan peluang untuk maju dengan cepat. Fokus kembali, jangan terpengaruh oleh ide orang lain, dan bersikeras bahwa ini adalah tindakan terbaik.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Karir yang Cocok bagi Fresh Graduate

3. Konsultasikan Dengan Sumber yang Dapat Dipercaya

Anda dapat berbicara dengan seseorang yang Anda percayai tentang kecemasan Anda ketika Anda tidak dapat membuat keputusan untuk diri Anda sendiri. seperti orang tua, saudara, teman dekat, dan bahkan penasihat akademik di kampus akan mendapatkan wawasan dan saran baru tentang masalah ini dengan cara ini. agar kamu bisa berpikir lebih bebas.

4. Berpartisipasi dalam Kegiatan di Luar Kelas

Sekarang adalah waktunya untuk kamu berkembang sebanyak mungkin menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Bergabunglah dengan berbagai organisasi kemahasiswaan yang relevan dengan minat. Kamu dapat memperluas wawasan dan mengembangkan bakat di bidang yang tidak berhubungan dengan jurusanmu.

Ya, memilih jurusan kuliah yang tepat dapat memengaruhi perkembangan masa depan seseorang. Namun, perlu diingat bahwa Kamu tidak boleh memutuskan dengan cepat, terutama jika Kamu belum melakukan dengan cara apa pun.

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com. 

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.