Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

3 Tips Memilih Karir yang Cocok bagi Fresh Graduate

shutterstock 1013030260

Madingmu.com – Tidak sedikit orang-orang yang telah lulus sekolah bingung dengan memilih melanjutkan studi atau memulai karier. Selain itu, memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya akan membutuhkan lebih banyak waktu belajar.

Di sisi lain, lulusan baru yang memutuskan untuk mencari pekerjaan harus bisa mendapatkan keuntungan lebih dari sekedar IPK tinggi atau ekstrakurikuler yang aktif. Vina A. Muliana, praktisi sumber daya manusia (SDM) dan penulis konten pelatihan, mengatakan bahwa lulusan baru perlu mengembangkan keterampilan yang diminta oleh calon pemberi kerja.

ini dia beberapa tips bagi fresh graduate dalam memilih karir yang cocok dan cara menyiapkan diri menghadapi dunia kerja. Yuk simak!

1. Memahami Konsep 3C

Kenali tiga C: kejelasan, kompetisi, dan koneksi. Mengenali jalur pekerjaan yang diinginkan adalah tanda kejelasan. Kejelasan memungkinkan lulusan baru untuk merefleksikan jenis profesi dan model bisnis yang mereka tuju. Kompetensi yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan adalah hal yang menentukan daya saing. Hubungan diperkuat melalui koneksi. Hal ini sangat penting, tidak hanya untuk mendapatkan pekerjaan tetapi juga untuk keberlanjutan jangka panjang.

2. Memiliki Penguasaan Keterampilan Umum

Kemampuan umum juga sama pentingnya. Keterampilan ini memungkinkan lulusan baru untuk bertransisi ke karier dan diri mereka sendiri dengan lebih mudah. Kapasitas untuk mengembangkan diri, kemampuan komunikasi, kepemimpinan, profesionalisme, pemikiran kritis, kemampuan kolaboratif, inklusivitas, dan pengetahuan teknologi termasuk di antara keterampilan umum ini.

Baca Juga: Mahasiswa Lulusan Pendidikan: Agen Perubahan Menuju Masa Depan Bangsa

3. Menyusun CV yang Menarik

Tahap terakhir adalah menulis curriculum vitae (CV) yang menarik, yang harus Anda lakukan setelah menentukan arah profesional Anda dan mengasah bakat-bakat umum Anda. Abimanyu Suryadi, HC Services Manager di Pertamina Hulu Energi, yang menjadi pembicara di webinar yang sama, menyatakan bahwa meskipun CV sering dianggap tidak penting, namun CV memiliki peran yang krusial di dunia kerja. Dokumen yang satu ini menjadi dasar wawancara dan berfungsi untuk memperkenalkan pelamar, meningkatkan daya tarik, dan menunjukkan keahlian. Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat menulis CV. Nama lengkap, alamat, informasi kontak, dan alamat email adalah beberapa di antaranya. Kemudian, sangat penting untuk menyertakan dokumentasi kredensial, prestasi, kegiatan ekstrakurikuler, dan foto Anda dalam pakaian yang sesuai.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.