Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

4 Efek Samping Makan Anggur Terlalu Banyak, Apa Saja?

anggur

Madingmu.com – Meskipun anggur memiliki banyak jenis dan warna, semuanya sama-sama kaya akan berbagai komponen yang menyehatkan. Mereka adalah sumber antioksidan yang sangat baik, yang telah ditunjukkan oleh ilmu pengetahuan untuk mengurangi risiko sejumlah penyakit serius. berita kesehatan Menurut berita hari ini, antioksidan dalam buah anggur melindungi dari perkembangan pertumbuhan ganas di kulit, getah bening, hati, perut, payudara, dan usus besar.

Mengonsumsi anggur yang tinggi kalium dapat membantu mengurangi efek garam dalam darah, yang meningkatkan retensi cairan dan meningkatkan tekanan darah. Buah dari keluarga Vitaceae ini memiliki banyak serat untuk mendukung jantung dan pembuluh darah serta sistem kardiovaskular. Kandungan air dan serat yang tinggi pada anggur juga membantu menjaga hidrasi, yang mendorong buang air besar secara teratur. sembelit akan berkurang jika Anda terus melakukannya secara teratur.

Efek samping anggur

Anggur adalah salah satu buah dan sayuran dengan jumlah residu pestisida terbesar, meskipun faktanya anggur memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak anggur juga diperkirakan dapat mengakibatkan sejumlah dampak negatif bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa dampak buruk buah anggur yang telah dihimpun dari berbagai sumber:

1. Sakit perut

Konsumsi anggur secara berlebihan dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Menurut laman Eat This, sakit perut akut merupakan salah satu gejala dari terlalu banyak mengonsumsi anggur. Karena kandungan fruktosa yang tinggi pada buah ini-12,3 gram per cangkir, atau sekitar 125 gram anggur-penyakit ini dapat terjadi

Buah-buahan secara alami mengandung fruktosa, gula yang, jika dicerna dalam jumlah besar, dapat menyebabkan perut kembung. Perut Kandungan tanin pada kulit dan biji juga dapat menyebabkan iritasi.

Karena polifenol alami ini berpotensi menyebabkan diare dan mual dalam dosis yang berlebihan. Zat-zat dalam buah ini juga dapat menyebabkan kembung, sembelit, dan diare pada orang-orang tertentu yang sangat sensitif terhadapnya.

Baca Juga: Mengapa Kita Harus Banyak Makan Buah Citrus?

2. Lonjakan gula darah

Kemungkinan anggur meningkatkan kadar gula darah adalah dampak negatif berikutnya. Kandungan 23,4 gram gula per cangkir buah ini adalah penyebab kenaikan gula darah. Namun, buah ini juga mengandung resveratrol, yang menurut penelitian dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Kadar gula darah akan mendapat manfaat dari sensitivitas hormon insulin yang lebih besar. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa mengatur hormon ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, anggur memiliki indeks glikemik yang relatif rendah. Dengan demikian, mereka tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda. Asalkan Anda memakannya dalam jumlah yang tidak berlebihan, buah ini tidak akan menyebabkan gula darah Anda melonjak secara berlebihan.

3. Perubahan warna tinja

Tinja atau feses seseorang dapat berubah warna jika mereka mengonsumsi terlalu banyak anggur, terutama anggur hijau. Klorofil, pigmen alami, mungkin menjadi penyebab tinja berubah warna menjadi hijau setelah mengonsumsi buah ini.

Tanaman berwarna hijau karena klorofil, yang kadang-kadang dapat melakukan perjalanan melalui sistem pencernaan tanpa dipecah sepenuhnya. Oleh karena itu, beberapa klorofil dalam makanan seperti anggur hijau atau makanan lain yang mengandung klorofil mungkin tidak dapat dicerna dan menyebabkan tinja tampak hijau.

4. Alergi

Meskipun jarang terjadi, alergi terhadap anggur pasti bisa terjadi pada beberapa orang, sama seperti alergi terhadap makanan pada umumnya. Menurut Livestrong, mereka yang alergi terhadap buah ini dapat mengalami gatal-gatal atau area merah pada kulit mereka. setelah dikonsumsi, pada kulit.

Dalam situasi yang ekstrim, anafilaksis, reaksi yang parah dan terkadang fatal, bahkan dapat berkembang dari gejala alergi. Satu-satunya pilihan untuk menghentikan masalah ini adalah dengan memastikan alergi dengan menjalani prosedur pengujian alergen oleh dokter.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.