Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

3 Dampak Buruk Sering Ikat Rambut Terlalu Erat dan Lama!

woman tying her hair back view

Madingmu.com – Saat cuaca panas bisa membuat rambut menjadi gerah dan kamu pun akan selalu mengikat rambut. Dan tanpa sadar kamu pun mengikatnya terlalu kencang, erat, dan juga lama. Padahal hal itu tidak boleh sama sekali dan akan berdampak pada kesehatan rambut.

American Academy of Dermatology Association mengungkapkan bahwa, jika mengikat rambut terlalu erat dan lama setiap harinya hal ini dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jika tarikan pada rambut terjadi terus menerus maka akan merusak folikel rambut. Yang artinya rambut kamu tidak dapat tumbuh kembali alias rambut rontok permanen.

Ada beberapa jenis gaya rambut yang terus menerus bisa menarik rambut yaitu kuncir kuda dan cepol yang ditarik terlalu kuat, rambut gimbal, hingga rambut dikepang dengan ketat. Tanda-tanda ketika rambut kamu mengalami kerontokan adalah dimulai adanya rambut patah di sekitar garis rambut dan juga rambut mulai menipis.

Oleh karena itu kamu harus melonggarkan kepangan atau ikatan yang terletak di sekitar garis rambut. Tidak ada salahnya apabila kamu bertemu dengan dokter kulit agar semakin memahami penyebab kerontokan rambut.

Apa saja sih dampak buruk jika sering mengikat rambut terlalu erat dan lama?

  1. Sakit Kepala, Leher, dan Punggung

Dampak lainnya yang sering dialami ialah sakit kepala, leher, beserta punggung. Perlu diketahui bahwa ikatan yang sering membuat sakit kepala ialah kuncir kuda. Bila kamu menguncirnya dengan gaya kuncir kuda maka folikel rambut serta saraf pada kulit kepala ikut tertarik sehingga kepala menjadi sakit.

Dilansir dari laman Medical News Today, rasa sakitnya terjadi di sekitar lokasi kunciran, kepala, dahi, hingga bagian belakang atas kepala. Selain menimbulkan rasa sakit, hal itu juga bisa menyebabkan ketegangan yang menjalar di leher maupun di punggung. Untuk itu, kamu bisa mengistirahatkan rambut dengan cara menggerai rambut setiap harinya.

  1. Memicu Kebotakan Dini

Dilansir dari laman CNN Indonesia, rata-rata orang kehilangan rambutnya sebanyak 50 hingga 100 helai per harinya. Para ahli mengungkapkan bahwa mengikat rambut yang ketat membuat folikel rambut tertekan. Sehingga rambut menjadi rapuh serta rontok.

Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin akan mengalami kebotakan. Ciri-cirinya ialah banyak kulit kepala di sekitar tepi garis rambut, rambut menipis, kulit kepala melebar, hingga jumlah rontok dua kali lipat lebih banyak.

Di samping itu, kamu juga harus memilih ikat rambut yang berbahan kain maupun karet elastis yang mirip dengan kabel telepon.

Baca Juga : Cara Cepat Keringkan Rambut Tanpa Hair Dryer

  1. Luka Kulit Kepala

Jika kamu melihat benjolan kecil berwarna merah di sekitar kepangan maupun kunciran maka bisa saja hal ini di sebabkan oleh gaya rambutnya yang menjadi masalah. Benjolan merah kecil tersebut ialah folikel rambut yang meradang dan dikenal dengan nama folikulitis.

Pada awalnya benjolan mirip dengan jerawat. Namun hal ini bisa terinfeksi dan menjadi luka berkerak. Jika mengalami infeksi parah maka bisa menyebabkan kerontokan rambut yang permanen.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.