Senin , 24 Juni 2024
Serba SerbiEditor's PickHeadlineTerpopuler

3 Alasan Jangan Makan Semangka di Malam Hari

1693448469857 semangka merah dan kuning

Madingmu.com – Tidak mengenal musim, buah semangka banyak jadi pilihan sebagai buah yang dikonsumsi sehari-hari. Manis dan juicy dengan kandungan air yang dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, nutrisi dalam semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi rutin.

Akan tetapi semangka tak direkomendasikan untuk dikonsumsi di sembarangan waktu. Baiknya, semangka tak dimakan menjelang tidur di malam hari.

Pakar gizi Dr. Shilpa Arora yang berbasis di India mengatakan meski buah sehat, sebaiknya hindari makan semangka malam hari. Hal ini karena semangka yang dikonsumsi di waktu yang salah dapat memicu gangguan kesehatan.

“Saya tidak menyarankan makan semangka atau buah apa pun setelah jam tujuh malam. Semangka bersifat sedikit asam. Jika dikonsumsi malam hari dapat menunda proses

Lalu kapan waktu terbaik menikmati sebuah semangka? Arora mengatakan rentang waktu terbaik menikmati semangka yaitu pukul 12.00 sampai 13.00.

“Waktu terbaik makan semangka siang hari saat sistem pencernaan aktif,” katanya.

Bagaimana jika tetap dimakan malam hari? Berikut ini 3 alasan semangka baiknya tidak dimakan malam hari:

  1. Picu Kenaikan Gula Darah

Semangka memiliki persentase gula alami yang lebih tinggi dibanding jenis buah lainnya. Kandungan gula semangka ini tak hanya berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tapi juga mereka yang sehat sekali pun.

Tak itu saja, kandungan gula dalam semangka yang tinggi secara tidak langsung juga memicu kenaikan berat badan jika mengonsumsinya setiap malam dengan berlebihan.

  1. Picu Gangguan Pencernaan

Dikonsumsi pada malam hari, buah semangka ternyata tidak ramah bagi pencernaan karena dapat memicu sindrom iritasi usus besar dan masalah lainnya. Akibatnya adalah sakit perut pada keesokan harinya. Gejala sakit perut itu dapat dialami karena proses pencernaan yang cenderung lebih lambat dari biasanya pada malam hari.

  1. Ganggu Kualitas Tidur

Kandungan air dalam semangka mencapai 95 persen. Jika dimakan pada malam hari bisa berakibat pada sering buang air kecil.

Ini tentunya membuat kebangun di malam hari yang jika berulang dapat memicu penurunan kualitas tidur karena waktu istirahat yang berkurang akibat interupsi ingin buang air kecil.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.