Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Tips Menulis Karya Tulis Ilmiah Bagi Pemula

girl sitting table with notebooks writing

Madingmu.com – Karya Tulis Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori, metode ilmiah, dan contoh metode penulisan karya ilmiah. Dari mulai pelajar hingga mahasiswa bisa membuat Karya Tulis Ilmiah. Bahkan ada banyak perlombaan untuk Karya Tulis Ilmiah yang bisa kamu ikuti. Bagi pemula dan sedang belajar untuk membuat nya, ada tips membuat Karya Tulis Ilmiah yang bisa kamu terapkan. Dalam acara yang diadakan oleh Kelompok Belajar Karya Tulis Ilmiah (KBKTI) membagikan tips menulis Karya Tulis Ilmiah sebagai berikut :

Tips menulis Karya Tulis Ilmiah

Salah satu pembicara Nuria Lathifah mengatakan bahwa Karya Tulis Ilmiah (KTI) sangat penting khususnya bagi mahasiswa yang sering dihadapkan dengan karya tulis.

Dilansir dari laman Unair Minggu (1/10/2023). “KTI itu penting untuk mahasiswa dan pasti berguna buat kedepannya,” Menurutnya, mencari gagasan dan ide selalu menjadi permasalahan dalam menulis Karya Tulis Ilmiah khususnya bagi pemula.

  1. Cari Gagasan Dan Ide

Permasalahan yang sering penulis hadapi adalah mencari gagasan dan ide. Salah satu cara paling cepat dan mudah dalam membuat kerangka KTI dan juga menentukan judul KTI adalah dengan cara mencari permasalahan terlebih dahulu. “Gagasan dan ide itu merupakan poin utama dalam membuat karya tulis,” terang Nuria.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa gagasan juga harus memiliki manfaat bagi pembaca.

“Gagasan yang baik itu dapat diimplementasikan dan berguna untuk pembaca,” lanjut nya.

  1. Perlu Pengalaman

Nuria mengatakan, dalam menulis Karya Tulis Ilmiah tidak harus langsung berhasil dan menjadi juara dalam perlombaan KTI. Ia mengungkapkan bahwa dalam menulis KTI harus berani mencoba serta jangan pernah takut untuk salah. “Menulis KTI pasti tidak langsung bagus dan butuh proses. Proses itulah yang membuat tulisan kita menjadi bagus secara perlahan,” tandasnya.

  1. Hindari Plagiarisme

Apapun bentuknya plagiarisme merupakan hal yang sangat dilarang dalam membuat karya tulis. Penting nya untuk mencari sumber yang kredibel dalam membuat sebuah karya. Nuria menambahkan bahwa penulisan KTI harus mencantumkan sitasi agar terhindar dari plagiarisme.

“Cari sumbernya yang kredibel, jangan dari blogspot agar tidak terkena plagiarisme,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, jika sumber nya di internet sudah banyak, alangkah baiknya jika mencari dan membaca terlebih dahulu topik dan pembahasan yang ingin kita tulis. Agar nantinya terhindar dari kebiasaan plagiarisme.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.