Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Ternyata 6 Negara Ini Pernah Jadi Bagian dari Indonesia Lho!

map of indonesia with the provinces filled with a linear gradient the islands that are part of indonesia s territory is in red and white symbolizes the indonesian flag vector

Madingmu.com – Tahukah kamu bahwa ada beberapa negara yang ternyata dulu menjadi bagian dari Indonesia. Sejarah yang kompleks dan dinamika politik, menjadi alasan berbagai perpecahan dan upaya pemisahan di wilayah Nusantara.

Wilayah apa saja sih yang dulunya bagian dari Indonesia kemudian memisahkan diri? Berikut daftarnya.

Negara yang Memisahkan Diri dari Indonesia

Berdasarkan catatan sejarah, beberapa negara ini dulunya bagian dari wilayah Nusantara yang kemudian memisahkan diri dari Indonesia:

  1. Timor Leste

GettyImages 1180303450

Sebelum merdeka, Timor Leste adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang bernama Provinsi Timor Timur. Negara ini memang memiliki sejarah panjang dengan bangsa Indonesia.

Saat era Presiden Soeharto, pada tahun 1975 ada serangan ke Timor Timur. Hal ini terjadi karena adanya krisis politik dan desakan dari pemerintah Australia.

Soeharto memasukkan Timor Leste menjadi wilayah provinsi ke 27 NKRI. Namun penggabungan wilayah Timor Leste ini tidak mendapatkan dukungan dari dunia.

Pada tahun 1999, Presiden BJ Habibie melakukan referendum, lalu dimenangkan oleh kelompok pro kemerdekaan. Sehingga, Timor Leste memisahkan diri dari Indonesia.

Dilansir dari laman Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI), Timor Leste secara resmi merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002, dengan ibu kotanya Dili. Per 2021, Timor Leste memiliki luas wilayah sebesar 14.874 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 1.413.958 jiwa.

  1. Singapura

vaccinated travel lanes singapore 3 hal wajib tahu jika mau ke singapura 169

Dilansir dari Jurnal Lektur Keagamaan dalam artikel berjudul Tumasik: Sejarah Awal Islam di Singapura (1200-1511 M), awalnya Singapura disebut Temasek, Tumasik, atau Kota Laut (Sea Town).

Letaknya yang strategis dan disebut sebagai pusat perdagangan, membuat wilayahnya diincar oleh beberapa kerajaan dan penjajah.

Ada beberapa kerajaan yang sempat menguasai wilayah Singapura, yakni kerajaan Sriwijaya hingga akhir abad ke-13 M, Majapahit sampai abad ke-14 M, Ayutthaya-Thailand pada abad ke-15 M, Kesultanan Malaka, hingga pendudukan Portugis pada 1511 M.

  1. Filipina

CjkinzN007061 20240112 CBMFN0A001

Pada masa Kerajaan Majapahit, Filipina juga masuk bagian dari Indonesia.

Dilansir dari Swantara Majalah Triwulan Lemhannas RI No.11 Tahun III/Desember 2014, wilayah kekuasaan Majapahit sangatlah luas, tidak hanya mencakup semua pulau yang menjadi wilayah Republik Indonesia saat ini.

Kala itu, Armada laut Majapahit juga menguasai seluruh wilayah kepulauan Nusantara sampai ke Semenanjung Melayu dan Filipina.

Strategi politik Majapahit yang ingin menyatukan seluruh kepulauan Nusantara, mendorong prioritas pembangunan armada laut yang tangguh.

Mulanya, Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan agraris. Namun, setelah Gajah Mada diangkat menjadi mahapatih, barulah kerajaan Majapahit berkembang menjadi kerajaan maritim.

  1. Malaysia

ciri khas negara malaysia

Kejayaan maritim Nusantara tidak terlepas dari keemasan masa Kerajaan Sriwijaya. Kala itu, Sriwijaya menjadi negara maritim yang sebagian besar masyarakatnya hidup dari pelayaran dan perdagangan.

Makanya sejumlah ahli sejarah menyebut bahwa dulunya wilayah Malaysia menjadi bagian kekuasaan kerajaan Sriwijaya. Wilayah Malaysia ditaklukkan oleh kerajaan maritim terbesar dalam sejarah Nusantara ini terjadi pada masa kekuasaan Raja Balaputradewa.

  1. Brunei Darussalam

ilustrasi brunei darussalam 1 169

Dalam kitab Negarakertagama yang ditulis oleh kerajaan Majapahit pada 1365, nama Brunei tercantum di dalamnya dengan sebutan wilayah Buruneng. Wilayah tersebut dikuasai Kerajaan Majapahit, setelah Patih Gajah Mada berambisi dalam melaksanakan Sumpah Palapa-nya.

Selain Majapahit, Kerajaan Sriwijaya juga sempat menguasai wilayah Brunei Darussalam. Bahkan, nama “Vijayanegar” disebut pada beberapa pemukiman di Teluk Brunei.

  1. Kamboja

Angkor Wat di Kamboja Wikipedia

Kerajaan Sriwijaya juga sempat menaklukkan wilayah Kamboja. Wilayah kekuasaan yang luas dan strategis, membuat Sriwijaya bisa dengan mudah menjual hasil alam dan sumber ekonomi di wilayah tersebut.

Dalam catatan sejarahnya, kekuasaan Sriwijaya di wilayah Kamboja didapat dari seorang pendeta bernama I Tsing (beliau juga sempat tinggal kerajaan ini).

Itu dia beberapa negara yang dulunya menjadi wilayah Indonesia kemudian memisahkan diri. Ada negara yang berpisah setelah Indonesia merdeka, ada pula yang terpisah sejak jaman kerajaan.

Semoga informasi ini menambah wawasan kamu tentang sejarah ya sobat madingmu.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.