Senin , 15 Juli 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

Sleep Call: 3 Bahaya Tersembunyi yang Mengancam Kesehatan Anda

Sleep Call
Sumber: freepik/frimufilms

Madingmu.com – Sleep call adalah aktivitas menelepon atau melakukan panggilan video dengan pasangan yang dilakukan hingga tertidur. Meskipun terdengar romantis, ada beberapa potensi bahaya yang terkait dengan sleep call, terutama terhadap kualitas tidur dan kesehatan Anda. Beberapa masalah yang dapat timbul termasuk:

Bahaya sleep call dapat mencakup

  1. Mengganggu siklus tidur: Penggunaan ponsel atau perangkat elektronik sebelum tidur dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yang diperlukan untuk tidur. Cahaya biru dari layar ponsel dapat menghambat produksi melatonin, membuat Anda kesulitan tidur dan mengganggu siklus tidur REM yang penting.
  2. Ritme sirkadian yang terganggu: Cahaya dari ponsel dapat mempengaruhi ritme sirkadian Anda, yang mengatur siklus tidur dan bangun. Gangguan pada ritme sirkadian dapat membuat Anda sulit tidur dan mempengaruhi kualitas tidur Anda.
  3. Pengurangan tidur REM(rapid eyes movement): Paparan cahaya biru di malam hari dapat mengurangi lamanya tidur REM, yang merupakan fase penting dalam siklus tidur yang membantu pemrosesan emosi dan memori. Hal ini dapat membuat tubuh merasa kurang istirahat dan menyebabkan gangguan tidur.
  4. Sleep call bisa meningkatkan risiko luka bakar: Ponsel yang panas atau baterai terbakar. Ini dapat menyebabkan luka bakar tingkat dua dengan gejala seperti melepuh, nyeri, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Oleh karena itu, sebaiknya hindari sleep call dan cari aktivitas lain untuk menjaga kualitas hubungan jarak jauh. Jika ingin berkomunikasi, lakukan setelah makan malam, minimal satu jam sebelum tidur.

Tips untuk meningkatkan kualitas tidur:

  • Atur pencahayaan: Pastikan kamar tidur Anda memiliki pencahayaan yang redup atau gelap untuk menjaga kadar melatonin yang optimal.
  • Zona bebas gadget: Jadikan tempat tidur sebagai tempat untuk istirahat, hindari penggunaan gadget minimal satu jam sebelum tidur.
  • Mode malam: Gunakan mode “do not disturb” pada ponsel Anda untuk menghindari gangguan notifikasi yang dapat mengganggu tidur.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, yang sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental.

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.