Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Siswa SMA Negeri 3 Purwokerto Unjuk Kreativitas di Gelar Karya 2023

Gelar Karya SMAN 3 Purwokerto 758517848

Madingmu.com – Gelar Karya 2023 diselenggarakan oleh SMA Negeri 3 Purwokerto dengan mengusung tema “Kewirausahaan, Kearifan Lokal, dan Gaya Hidup Berkelanjutan.” Gelar Karya 2023 berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari Senin dan Selasa, 15-16 Mei 2023.

Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dari Kurikulum Merdeka, dan menampilkan kreativitas siswa mulai dari produksi hingga diseminasi.

Baca Juga : Tips Sukses Dapet LoA (Letter of Acceptance)

Mahasiswa membudidayakan ikan nila dan sayuran dalam kegiatan produksi untuk menekankan nilai keahlian lokal dan kehidupan yang berkelanjutan. Prosedur ini telah berlaku sejak 30 Januari.

“Untuk P5 ini, sekolah memberikan tugas kepada kami untuk mewujudkan gaya hidup berkelanjutan dengan menanam sayuran.” Ada juga budidaya ikan nila untuk memberikan sentuhan kearifan lokal. “Kami memanfaatkan lingkungan sekolah kami yang dikelilingi sawah untuk membudidayakan ikan di depan kelas,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam Gelar Karya, siswa berperan sebagai wirausaha dengan menjual hasil budidaya yang diolah menjadi masakan seperti pepes ikan nila, sayur asem, dan nasi liwet sebagai pelengkap dalam satu paket menu.

Baca Juga : 12 Jurusan Kuliah Yang Sulit Tergantikan Oleh AI (Artificial Intelligence)

Setiap kelas diwajibkan menjual satu paket menu yang terdiri dari ikan, sayur, nasi, dan lauk pauk.

“Kelas kami menawarkan paket pepes ikan, sayur asem, dan nasi liwet seharga Rp17 ribu. Sedangkan sekolah lain menjual ikan nila bakar, nasi, sambal, lalap, dan es teh dengan harga Rp15 ribu,” jelasnya.

Sementara itu, Elya Tati Subarkah, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum SMAN 3 Purwokerto, menegaskan bahwa Gelar Karya merupakan ajang bagi siswa untuk menikmati dan mempromosikan hasil karya mereka dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Mandiri 2023.

Menurut Elya, SMA N 3 Purwokerto menggunakan Kurikulum Merdeka dalam tahap pengembangan yang direkomendasikan.

Baca Juga : Inspiratif! Anak Kuli Bangunan Ponorogo Lolos di 8 Kampus Ternama Luar Negeri

“Kurikulum Merdeka diajarkan di semua sekolah negeri.” “SMAN 3 Purwokerto masuk dalam rekomendasi tahap pengembangan,” jelasnya.

Beliau menjelaskan bahwa pendampingan yang dilakukan pemerintah terhadap SMAN 3 Purwokerto melalui Kurikulum P5 Merdeka sangat tepat.

Menurutnya, para siswa siap bereksplorasi dan berkembang sesuai dengan kemampuannya.

Follow Juga : Instagram Madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.