Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Sering dianggap Sepele, Ternyata 5 Kebiasaan Kecil ini Justru Dapat Merusak Gigimu

shutterstock 1145050313

Madingmu.com – Memiliki gigi cerah dan sehat tentunya menjadi idaman bagi setiap orang, kamu mungkin akan rajin menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, ataupun secara rutin mengunjungi dokter gigi, dari ketiga hal tersebut memang dapat menjaga kesehatan gigimu.

Tahukah kamu? Bahwa ada beberapa kebiasaan kecil yang bahkan tanpa kamu sadari dapat memberikan pengaruh buruk lho terhadap kesehatan gigi kamu. Dilansir dari halaman Colgate, berikut ini 5 kebiasaan yang dapat merusak gigi yang perlu kamu tahu.

  1. Menggigit Kuku

024063100 1612259228 Efek Buruk Kebiasaan Menggigit Kuku by fotyma Canva

Apa kamu termasuk orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku? Mulai hari ini jangan lakukan ya! Menggigit kuku dapat menyebabkan disfungsi rahang karena menyebabkan rahang menonjol terlalu lama. Menggigit kuku juga bisa membuat gigi kamu patah, lho!

Ada hal yang harus kamu lakukan untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut seperti menggunting kuku (jangan membiarkan kukumu panjang) atau menggunakan cat kuku.

  1. Menyikat Gigi dan Gusi Terlalu Kencang

bahaya yang mengintai jika anda malas sikat gigi termasuk penyakit jantung dan diabetes

Menurut American Dental Association (ADA), sikat gigi yang berbulu keras atau ketika kamu menyikat gigi terlalu kencang, hal ini dapat merusak gusi dan gigi kamu. Untuk menghindari hal itu alangkah baiknya kamu memiliki sikat gigi berbulu lembut dan gosok gigi secara perlahan.

  1. Menggertakan Gigi

6 2 4 stop the grind 03 0

Menggertakan gigi merupakan salah satu kebiasaan yang sering kamu lakukan dan tanpa kamu sadari. Akibatnya yang terjadi jika kamu terlalu sering menggertakan gigi adalah kerusakan gigi, nyeri otot, dan terbatasnya pergerakan rahang. Untuk membantu mencegah kebiasaan ini, ADA merekomendasikan untuk melakukan latihan relaksasi atau menggunakan pelindung mulut di malam hari.

  1. Menggunakan Tusuk Gigi

01994c20b038140398a7ca5c641d7e1e

Apa yang akan kamu lakukan jika terdapat sisa-sisa makanan terselip di sekitar gigi kamu? Pasti tusuk gigi akan menjadi salah satu benda yang kamu gunakan untuk melepaskan sisa-sisa yang menempel di gigi, kan?

Ternyata kebiasaan menggunakan tusuk gigi dapat menyebabkan gusi kamu rusak dan terinfeksi lho. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan benang gigi atau alat pembersih gigi lainnya yang telah disetujui klinik atau dokter.

  1. Mengunyah Es

045970100 1606901812 Ngidam Makan Es Batu Bisa Jadi Tanda Anemia shutterstock 1324463216

Bagi sebagian orang mungkin akan memiliki kebiasaan untuk mengunyah es setelah menghabiskan minuman dingin. Jika kamu tidak ingin mengambil risiko mengalami patah gigi atau patah tambalan, cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan ini ialah dengan menerapkan minum melalui sedotan atau meminum minuman tanpa es.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.