Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Sebelum Mendaftar Pikirkan Baik-Baik, 4 Jurusan Kuliah Paling Mahal di Indonesia

ilustrasi wisuda

Madingmu.com – Menentukan jurusan kuliah tidak hanya harus memperhatikan minat dan bakat, akan tetapi harus juga memikirkan biaya pendidikannya. Hal ini karena ada nya beberapa jurusan kuliah di Indonesia membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga harus dipertimbangkan dengan baik ketika mendaftar kuliah.

Ada beberapa jurusan kuliah yang mengharuskan mahasiswa nya untuk mengeluarkan biaya yang fantastis di mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Biaya fantastis tersebut bisa mencakup uang kuliah tunggal (UKT), uang pangkal, biaya buku, dan biaya pendukung lainnya. Kemudian, selama kuliah tentu nya mahasiswa membutuhkan berbagai macam fasilitas pendukung untuk mendukung pembelajaran seperti alat untuk praktikum hingga perangkat laptop dengan spesifikasi yang tinggi.

Setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan biaya kuliah yang berbeda-beda sehingga perlu diperhatikan dengan baik. Mengetahui biaya kuliah sebelum mendaftar akan memudahkan kamu untuk mengatur perencanaan keuangan untuk Pendidikan.

Dikutip dari kanal YouTube Republika Mahasiswa, berikut ini merupakan jurusan kuliah yang paling mahal di Indonesia :

Kedokteran

Sudah bukan rahasia umum jika jurusan Kedokteran memiliki biaya yang cukup mahal. Biaya menempuh pendidikan dokter di mulai dari Rp17 juta hingga Rp300 juta per tahunnya.

Seni dan Desain Komunikasi Visual

Biaya kuliah untuk menempuh pendidikan di jurusan ini mulai dari Rp4 juta hingga Rp50 juta per tahunnya. Hal yang membuat belajar di jurusan ini menjadi mahal adalah adanya berbagai perlengkapan untuk seni dan desain yang tentunya memiliki kualitas sangat baik.

Penerbangan

Menjadi seorang pilot membutuhkan biaya kuliah yang tidak sedikit. Setidaknya kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp20 juta hingga Rp300 juta per tahun nya hal ini karena kamu membutuhkan peralatan dan fasilitas super canggih.

Arsitektur

Selain seni, jurusan Arsitektur juga menjadi program studi paling mahal di Indonesia. Biaya kuliah jurusan ini mulai dari Rp7,5 juta hingga Rp50 juta per tahun. Yang membuat jurusan ini mahal adalah karena perangkat komputer atau laptop yang harus memiliki spesifikasi mumpuni untuk menjalankan berbagai software untuk kebutuhan menggambar desain bangunaan, kemudian berbagai software yang dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran juga tergolong cukup mahal.

Itulah beberapa informasi mengenai jurusan kuliah paling mahal yang ada di Indonesia.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.