Senin , 24 Juni 2024
Literasi KeuanganEditor's PickHeadline

QRIS : Solusi Pembayaran Praktis Generasi MIllenial

high angle woman scanning qr code

Madingmu.com – Pembayaran menggunakan scan barcode atau QRIS kini menjadi aplikasi pembayaran yang mulai banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia.

Cash less dan bayar menggunakan scan barcode menjadi new lifestyle dan merupakan transsisi perkembangan pembayaran ke digitalisasi.

Baca Juga : Lima Tips untuk Travelers yang Ingin Menjadi Pilot Drone Professional

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah Produk  Sistem Pembayaran berbentuk  barcode yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dalam mempermudah transaksi diera digital saat ini. QRIS juga disebut sebagai penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

Dilansir dari BANK INDONESIA QRIS diluncurkan pada 1 Januari 2020 dan merupakan hasil kerja sama pengembangan dari Industri sistem pembayaran dengan BANK INDONESIA.

Saat ini hamper semua merchant skala menengah keatas sudah menyediakan pembayaran menggunakan QRIS.

QRIS dapat diterima masyarakat dengan cepat karena pandemi Covid-19. Pada saat pandemic berlangsung semua orang diwajibkan mengurangi interaksi dan sentuhan dengan apapun. Sehingga kemunculan QRIS dianggap bisa menjadi solusi pada saat melakukan transaksi pembayaran.

Baca Juga : Mengelola Keuangan Anak SMA, Yuk Lakukan Cara Ini

Selain itu masih ada loh kelebihan lain dari QRIS. Madingmu spill dibawah sini ya.

  1. Mudah

Tentu saja QRIS bisa memudahkan pembayaran, Baik bagi para pelaku usaha dan juga bagi para konsumen/pembeli. Semua transaksi akan tercatat di history transaksi. Sehingga kamu masih bisa control transaksi kamu.

  1. Cepat

Dengan sistem barcode sekali scan juga mempercepat proses transaksi. Tanpa perlu menunggu waktu lama, tinggal scan ma transaksi sudah berhasil dilakukan dan tanpa terlihat detik itu juga uang sudah terkirim atau diterima.

Baca Juga : Ternyata Koin Bisa Jadi Investasi Jangka Panjang!

  1. Murah dan Universal

Sekarang hamper semua merchant sudah memiliki system penerimaan QRIS. Cukup memiliki satu akun untuk menerima dari semua PJSP. Artinya dengan menggunakan QRIS kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah besaran biaya transaksi saat menggunakan QRIS karena sangat sedikit alias murah.

  1. Aman

Meskipun masih dianggap aman, namun perlu diperhartikan Kembali pada saat kita menscan barcodenya, kita harus memeriksa siapa penerimanya. Pastikan penerimanya sudah sesuai lalu lakukanlah transaksi pembayaran. Dengan QRIS kamu akan di jamin langsung oleh BANK INDONESIA dan tidak perlu takut lagi dengan masalah uang palsu.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.