Kamis , 23 Mei 2024
BeasiswaHeadline

PIP Adalah Program Indonesia Pintar, Berapa Besaran Bantuannya?

20230614080039 fpdl.in young men studying exam 1421 3639 large
Foto : ijeab-Freepik

madingmu.com – Pemerintah Indonesia terus melakukan pemerataan pendidikan dengan berbagai program, salah satunya adalah Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar dan Menengah (PIP Dikdasmen).

Masyarakat yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan untuk anaknya bisa memanfaatkan beasiswa PIP ini.

Lantas apa itu beasiswa PIP? Berapa besar bantuan yang akan didapatkan dari beasiswa PIP? Melansir laman Puslapdik Kemendikbud, Senin (12/6/2023), berikut ini penjelasan mengenai beasiswa PIP dan besaran bantuan yang akan diterima siswa.

Simak informasinya. Program bantuan PIP Dikdasmen memiliki tujuan untuk membantu biaya pendidikan peserta didik untuk meningkatkan akses bagi anak usia enam tahun sampai dengan 21 tahun.

Peserta didik dapat memperoleh layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal/wajib belajar 12 tahun.

Program PIP Dikdasmen juga bertujuan untuk mencegah peserta didik putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan karena kesulitan ekonomi.

Penjelasan beasiswa PIP

Serta menarik peserta didik yang putus sekolah atau tidak melanjutkan untuk kembali mengikuti layanan pendidikan di sekolah dan satuan pendidikan nonformal.

Masyarakat dari kelompok tidak mampu secara ekonomi yang memiliki anak usia sekolah dapat menggunakan PIP Dikdasmen ini.

Melansir laman Puslapdik Kemendikbud Senin (12/6/2023), PIP Dikdasmen diberikan dalam bentuk bantuan tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik berusia enam tahun sampai dengan 21 tahun yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membantu biaya personal pendidikan.

Sebagai informasi, PIP Dikdasmen akan memberikan bantuan tunai dengan rincian sebagai berikut:

  • Siswa SD/SDLB/Paket, A mendapatkan Rp 450.000 per tahun.
  • Siswa baru dan siswa kelas akhir mendapatkan Rp 225.000.
  • Siswa SMP/SMPLB/Paket B mendapatkan Rp 750.000 per tahun.
  • Siswa baru dan siswa kelas akhir menerima Rp 375.000.
  • Siswa SMA/SMK/SMALB/Paket C mendapatkan Rp 1.000.000 per tahun, khususnya siswa baru dan siswa kelas akhir mendapatkan Rp 500.000.

Ada dua kategori untuk mendapatkan bantuan PIP, yaitu:

1. Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dan ditandai Layak menerima PIP dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah.

2. Sekolah menandai status Layak Terima PIP di Dapodik, kemudian dinas pendidikan dan pemangku kepentingan mengusulkan ke Puslapdik berdasarkan data Layak Terima PIP tersebut.

Karena salah satu syarat mendaftar PIP Dikdasmen adalah terdaftar dalam DTKS Kementerian Sosial (Kemensos), yang dapat dilakukan melalui musyawarah desa/kelurahan atau berkoordinasi dengan dinas sosial setempat. Untuk mendapatkan informasi DTKS, kunjungi laman https://dtks.kemensos.go.id

Jika Anda memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa PIP, Anda akan mendapatkan Kartu Debit ATM Simpanan Pelajar (SimPel).

Bantuan dari beasiswa PIP ini digunakan untuk membeli buku dan alat tulis; membeli seragam sekolah/praktek, dan perlengkapan sekolah berupa sepatu, tas, atau sejenisnya. Serta membiayai transportasi siswa ke sekolah.

Bantuan beasiswa PIP juga dapat digunakan untuk uang saku siswa, tambahan biaya kursus/pelajaran bagi siswa pendidikan formal, tambahan biaya praktek dan biaya magang/penempatan kerja.

Demikian penjelasan mengenai beasiswa PIP yang perlu diketahui oleh para orang tua. Jika Anda merasa memenuhi kriteria untuk mengajukan beasiswa PIP ini, Anda dapat memenuhi semua persyaratan dan menerima semua manfaatnya.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1492
Terpopuler1447
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.