Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Peringati Hari Wayang Nasional beserta Asal-Usul nya

sejarah hari wayang nasionaljpg 20221107122136

Madingmu.com – Hari Wayang Nasional adalah peringatan hari wayang sebagai warisan budaya asal Indonesia. Pada tanggal 7 November berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2018, tertanggal 17 Desember 2018. Melalui Keppres itu, pemerintah menetapkan setiap pada tanggal 7 November memperingati Hari Wayang Nasional (HWN).

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid mengatakan, Keputusan Presiden (Keppres) tentang penetapan Hari Wayang Nasional 7 November ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di hadapan para perwakilan budayawan dan seniman di Istana Merdeka.

Hilmar menjelaskan bahwa penetapan Hari Wayang Nasional 7 November berasal dari usulan masyarakat, ekosistem komunitas pewayangan Indonesia melalui Senawangi (Sekretariat Nasional Wayang Indonesia) yang kemudian dihantarkan oleh Kemendikbud, Kementerian PMK dan Setneg.

Latar Belakang Peringatan Hari Wayang Nasional

Latar belakang penetapan Hari Wayang Nasional 7 November adalah berdasarkan keputusan UNESCO yang menetapkan wayang sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003.

Wayang kemudian masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO untuk kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dengan judul The Wayang puppet theater tertanggal 4 November 2008.

Wayang memiliki makna sebagai refleksi kehidupan. Nilai-nilai intangible wayang seperti memayu-hayu bawana (membuat tatanan dunia yang damai), jiwa ksatria, budi luhur, kesempurnaan hidup, harmoni adalah falsafah Timur yang bisa dikaji untuk memperkaya falsafah Barat.

Hari Wayang Nasional adalah momentum puncak kesadaran, persatuan, kecintaan masyarakat Indonesia dalam melestarikan, mengembangkan dan mengkaji wayang dalam rangka untuk mewujudkan kebudayaan nasional yang dinamis dan modern.

Penetapan Hari Wayang Nasional 7 November diharapkan mampu mendorong masyarakat agar meningkatkan apresiasi terhadap wayang sebagai aset budaya nasional sekaligus menjadi sarana untuk pembentukan jati diri dan karakter bangsa.

Mengenal Wayang Indonesia dan Jenis-jenisnya

Dilansir dari situs Majalah Jendela Kemdikbud, ada lebih dari 100 jenis wayang yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Wayang kulit Purwa berkembang pesat di provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Wayang golek Sunda berkembang di provinsi Jawa Barat dan wayang kulit Parwa di provinsi Bali. Kemudian ada juga wayang yang berkembang di provinsi Nusa Tenggara Barat dengan sebutan wayang Sasak. Ada juga Wayang Banjar di provinsi Kalimantan Selatan, Wayang Palembang di provinsi Sumatera Selatan. Dan tercatat ada 60 jenis wayang lainnya dalam data WBTb Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.