Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineKilas Pendidikan

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, SMK PI Serukan “Beat Plastic Polution”

attachment 1685957204341
SMK PI menggelar Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema lingkungan bertajuk "Beat Plastic Polution" di Kampus 2 SMK PI, Kota Bandung, Senin (6/5/2023).

madingmu.com – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, SMK Prakarya Internasional (PI) menggelar kegiatan Penguatan Profil Siswa Peduli Lingkungan bertema lingkungan bertajuk “Kalahkan Pencemaran Plastik” di Kampus 2 SMK PI, Kota Bandung, Senin (6/5/2023).

Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari pembacaan Deklarasi Siswa Peduli Lingkungan, pengecatan tempat sampah, pembuatan poster, pembuatan tempat sampah jaring dan komposter serta peresmian pengaktifan kembali Sumur Cahaya (teknologi ramah lingkungan yang menyediakan air minum layak minum dengan tenaga surya).

attachment 1685957204352

Kehadiran Light Well merupakan hasil kerjasama antara SMK PI dengan sebuah perusahaan dari Selandia Baru.

“Ketersediaan air minum ini merupakan bagian dari penguatan P5 yang bertemakan gaya hidup berkelanjutan. Jadi, kami berharap hal ini dapat mendukung pemeliharaan lingkungan yang kita rayakan hari ini,” ujar Kepala SMK PI, Sulis Yuniasari.

Selain menyediakan sumber air minum, lanjutnya, SMK PI juga menginisiasi gerakan membawa tumbler untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. SMK PI juga menjadi pelopor unit pendidikan yang memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber listrik di lingkungan sekolah.

“Saat pembukaan, kami mendapat apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, bahkan direkomendasikan untuk menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional,” jelasnya.

attachment 1685957204347

Sulis berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga lingkungan.

Salah satu siswa, Raihan Faris, menilai positif kegiatan seperti ini. Hal ini dikarenakan, selain memberikan pengetahuan tentang kepedulian terhadap lingkungan, mahasiswa juga dapat mengekspresikan diri melalui berbagai festival.

Ia juga mengajak seluruh siswa untuk menjaga lingkungan melalui langkah-langkah kecil. “Bisa dimulai dari tidak membuang sampah di kolong meja, tapi buanglah di tempat sampah,” pungkas mahasiswa yang mengikuti festival pembuatan poster ini.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.