Senin , 15 Juli 2024
Kilas PendidikanEditor's PickHeadline

Peringati Hari Kartini, SMANSA Bogor Lakukan Pemilihan Mojang Jajaka

340668548 760268302344841 5694212350799022577 n

Madingmu.com – Tanggal 21 April merupakan hari bersesajar bagi Bangsa Indonesia dimana setiap tanggal 21 merupakan peringatan hari Kartini. Peringatan hari Kartini bertujuan untuk mengenang jasa Raden Adjeng Kartini sebagai pahlawan perempuan dan pejuang emansipasi wanita di Indonesia.

Berkat Kartini, perempuan Indonesia diakui keberadaannya di ruang public. Tak hanya di ranah domestic, bagi Kartini perempuan juga punya hak dan kesempatan yang sama seperti lelaki seperti bisa pergi sekolah, bekerja, berkarya, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Baca Juga : Beasiswa Kartini Sains Prancis : Beasiswa Master Khusus Perempuan Indonesia

Hari Kartini mulai diperingati sejak pemerintahan Presiden 1 RI, Soekarno melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964. Keputusan Presiden tersebut menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional serta menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April untuk diperingati setiap tahunnya, meski tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Berbagai cara dilakukan oleh siswa-siswi untuk memperingati hari Kartini, mulai dari kirab Kebaya, Fashion Show menggunakan kebaya hingga pemilihan Mojang Jajaka.

[smartslider3 slider=”7″]

Seperti yang dilakukan oleh salah satu sekolah di kota Bogor Ini. Untuk mengenang jasa RA Kartini, SMAN 1 Bogor atau SMANSA Bogor mengadakan acara pemilihan Mojang Jajaka SMANSA Bogor 2023. Acara yang diikuti oleh siswa siswi kelas X dan kelas XI dilaksanakan di lapangan sekolah, lengkap dengan beberapa dewan juri perwakilan guru dan akademisi SMANSA Bogor.

Uniknya, para siswa siswi yang mengikuti pemilihan ini tidak hanya menggunakan pakaian kebaya khas RA Kartini saja, melainkan menggunakan pakaian adat diberbagai wilayah Indonesia.

Selain untuk bisa mengenalkan pakaian adat khas Indonesia, pemilihan Mojang Jajaka SMANSA Bogor ini juga bertujuan untuk melatih kepercayaan diri para siswanya saat berada di depan umum.

Baca Juga : Ingin menjadi seorang Podcaster? Simak 6 mikrofon terbaik untuk memulai podcast Kamu!

Dengan mengusung tema “Bentangkan Gejolak Semangat, Citakan Sosok Kartini” ini harapannya dapat memotivasi para siswa siswi untuk dapat mencontoh sosok Kartini yang penuh semangat dan memiliki Visi Misi mulia demi Bangsanya.

Pemilihan Mojang Jajaka ini dilaksanakan pada Kamis (13/04/2023) di lapangan sekolah SMANSA Bogor.

Kalo kalian bikin kegiatan apa nih untuk memperingati hari Kartininya?

 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.