Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Perbedaan Treatment Dan Shooting Script

2406045813 259d222a6d o 1

Madingmu.com – Langkah dalam tahap praproduksi yaitu membuat sinopsis, treatment, storyboard dan shooting script. Masing-masing telah dijelaskan di artikel sebelumnya langkah ini digunakan untuk memudahkan pada saat produksi. Kerumitan proses pembuatan keseluruhan naskah tergantung pada durasi video. Berikut perbedaan antara treatment dan shoting script

1. Treatment

 Treatment merupakan naskah skenario yang sudah lengkap berisi bagian bagian penting dari setiap adegan. Treatment memberikan gambaran yang lebih detail dan tidak tematis pada video. Treatment di mulai dari kronologi awal adegan sampai akhir cerita.

2. Shooting script

Nah kalo Shooting script adalah suatu bentuk lain dari sebuah naskah yang di gunakan sebagai panduan produksi video. Panduan dari Shooting scrip berguna untuk seluruh tim produksi yang sedang melakukan pengambilan adegan gambar. Bahasa yang di gunakan dalam Shooting script menggunakan bahasa produk audio visual. Nah bahasa audio visual adalah bahasa pengambilan gambar yang di gunakan untuk mendetailkan tipe pengambilan gambar dalam Shooting script

Berikut ini merupakan peralatan yang perlu di persiapkan untuk mengambil gambar:

1. Kamera

Kamera atau tustel adalah alat paling populer dalam kegiatan fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bahasa Latin untuk ruang gelap. Fungsi dari kamera tersebut adalah untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar diam atau bergerak.

2. Memory card

Memory card adalah sebuat alat penyimpan data digital; seperti gambar digital, berkas digital, suara digital dan video digital. Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya kelipatan dua.

3. Microphone dan Sound Recorder

Mikrofon atau pelantang adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik menjadi sinyal listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.

4. Lighting

Adalah penggunaan cahaya yang disengaja untuk mencapai efek praktis atau estetika. Pencahayaan mencakup penggunaan kedua sumber cahaya buatan seperti lampu, serta penerangan alami dengan menangkap cahaya siang hari.

5. Stabilizer Kamera

Stabilizer kamera adalah alat yang berguna untuk meminimalisir goyangan atau getaran yang terjadi saat kita merekam video atau mengambil foto.

6. Monopod dan Tripod

Dikenal juga dengan nama unipod atau kaki-satu adalah sebuah tongkat atau tiang tunggal yang berfungsi menyangga kamera, kamera video, teropong, senapan, dan juga peralatan presisi lainnya. Pada perkembangannya, alat ini dimodifikasi menjadi tongkat narsis, dengan kamera telepon pintar sebagai penyangganya.

7. Pc atau Laptop

Pc dan Laptop memiliki peranan yang sangat penting pada hasilrekaman video pendek yang akan di olah. File video dapat di salin dari memory card kamera ke pc.Pc atau laptop harus memiliki processor dan RAM yang besar.

8. Software Editing Video

Untuk keperluan mengedit video pendek berkualitas kita membutuhkan Software eddit video. Kita dapat menggunakan beberapa Software seperti Corel Vidio Studio X8 atau software Adobe Premier Pro, Sony Vegas Pro, dan sebagainya.

9. Musik, Efek, dan Template VideoEffect

Agar film pendek yang di buat semakin menarik, anda juga perlu menginput beebrapa unsur. Baik itu musik, lagu, atau efek suara sebagai efek vidionya.

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.