Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Pemburu LPDP Wajib Tahu! Ini Dia Cara Setarakan Transkrip Akademik untuk Kuliah di AS

5 cara cek ijazah asli atau palsu secara online dan ciri ciri fisik 43

Madingmu.com – Transkrip akademik menjadi salah satu dokumen penting yang akan selalu diminta oleh kampus saat proses pendaftaran, baik kampus dalam negeri maupun kampus luar negeri. Secara harfiah, transkrip akademik adalah dokumen yang mencantumkan semua mata kuliah yang telah diambil dan nilai diperoleh mahasiswa.

Dalam ketentuannya, masing-masing kampus akan sangat berbeda-beda ketika meminta transkrip akademik. Namun, bila kamu ingin berkuliah di luar negeri, kamu harus pastikan terlebih dahulu jika sudah memiliki transkrip versi terjemahan bahasa Inggris.

Dilansir dari postingan Instagram Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), secara umum ada tiga prosedur/cara kampus dalam memperlakukan transkrip akademik, yaitu:

  • Official academic transcript: bila dikirimkan oleh kampus asal ke kampus tujuan.
  • Unofficial academic transcript: bila pendaftar mengunggah transkrip secara mandiri di aplikasi pendaftaran kampus tujuan.
  • Foreign evaluation transcript: distandarkan oleh pihak ketiga.

Penggunaan Transkrip Akademik di Kampus Amerika

Jika kamu memilih Amerika Serikat (AS) menjadi tujuan studi lanjut, kamu harus memperhatikan satu hal penting ini. Beberapa kampus AS biasanya mensyaratkan ijazah dan transkrip disetarakan terlebih dahulu dengan standar penilaian pendidikan di negeri Paman Sam tersebut yang dinamakan dengan Foreign Evaluation Transcript.

Bukan hanya AS, Indonesia sebenarnya juga memberlakukan syarat serupa. Ijazah dan transkrip yang telah disetarakan akan dikeluarkan secara resmi oleh Kemendikbudristek.

Nantinya, Foreign Evaluation Transcript dievaluasi dan diproses oleh pihak ketiga. Pihak ketiga ini terdiri dari berbagai lembaga yang terdaftar dalam National Association of Credential Evaluation Services (NACES).

Untuk mendapatkan ijazah dan transkrip akademik yang disetarakan, calon mahasiswa cukup melihat daftar institusi yang dapat mengeluarkan dokumen melalui tautan www.naces.org/members.html, lalu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Daftar: isi dan lengkapi formulir pendaftaran di situ penyedia jasa yang dipilih.
  2. Lengkapi dokumen: unggah dokumen yang diperlukan, misalnya salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris maupun yang asli.
  3. Pilih kampus: pilih kampus tujuan yang akan menerima hasil evaluasi ini.
  4. Lakukan pembayaran: biayanya sekitar $100-$225 (Rp 1,6 juta-Rp 3,6 juta/kurs Rupiah hari ini) tergantung penyedia jasa dan macam layanan yang diminta.
  5. Tunggu hasil: hasil akan dikirim langsung ke kampus tujuan dan pendaftar akan mendapat salinan dalam hard atau soft copy.

Cara Mengurus Transkrip Akademik

Karena melalui pihak ketiga, kamu perlu cerman dalam proses pengurusan transkrip akademik ini. Berbagai tips yang bisa dijadikan pegangan yakni:

  1. Jangan Mepet

Persiapkan transkrip akademik jauh-jauh hari sebelum deadline pendaftaran kampus atau beasiswa. Sebaiknya luangkan waktu 1 bulan untuk mengantisipasi kegagalan teknis yang mengharuskan kamu mengulang proses mengurus transkrip.

  1. Biaya

Pertimbangkan masalah ini karena mengurus satu transkrip bisa terbilang mahal untuk sebagian pendaftar. Selain itu, bagi pendaftar LPDP proses ini tidak termasuk dalam komponen yang dibiayai.

  1. Pastikan Lagi

Dengan waktu dan biaya yang tidak sedikit ini, kamu harus memastikan berbagai hal terus-menerus. Sebaiknya cek lagi dan lagi sebelum akhirnya mengirimkan dokumen ke kampus tujuan.

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketehaui tentang transkrip akademik yang akan digunakan saat mendaftar kampus dalam dan luar negeri. Jangan sampai terlewat hal penting ini ya sobat madingmu!

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.