Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Keren! Siswa SMA Solo Ubah Barang Bekas Menjadi AC Portable Hemat Daya

AC PORTABLE 1

Madingmu.com – Para siswa dari salah satu sekolah menengah atas swasta di Kota Solo telah menemukan sebuah solusi menghadapi cuaca panas dengan meluncurkan pendingin ruangan portabel (AC) yang dibuat dari bahan daur ulang.

Khanza Aurellia Riesma, Arfian Robani Nugroho, Arif Amin Udin, Aurel Keyza Prayudha, Junita Zara Adelia, dan Nur Latifa Maharani menciptakan AC poptable. Alat ini dibuat dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Alat ini sangat efisien dalam mengurangi panas selama musim kemarau.

“Dalam cuaca panas seperti saat ini, AC portabel ini efektif untuk memberikan udara sejuk.” Kami menggunakan bahan bekas yang murah. Namun, dapat memberikan manfaat yang sama dengan AC pada umumnya,” jelas Khanza Aurellia pada Jumat (19/5/2023).

Baca Juga : Bocoran Syarat dan Dokumen Pendukung Pendaftaran Rekruitment Bersama BUMN

“Pada kenyataannya, mendesain AC portabel bukanlah proses yang mudah.” Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mewujudkan sebuah ide menjadi bentuk yang praktis. “Kami menggabungkan semua komponen yang ada dengan komponen lainnya,” lanjut Khanza. AC portabel ini beroperasi dengan cara yang sangat mudah. Cukup letakkan es batu di wadah yang telah disediakan jika Anda ingin angin yang dihasilkan jauh lebih dingin. Sementara itu, sumber daya AC portabel adalah arus listrik DC.

“Suhu angin yang berhembus rendah. Seperti angin dari AC ruangan. “Dari uji coba kemarin, banyak yang bilang merasakan dingin sekali,” jelas Khanza.

Kelebihan dari alat AC portable ini, menurut Khanza, tidak mengeluarkan racun yang membahayakan lingkungan. Selain itu juga hemat biaya dan hemat listrik. Karena komponen yang digunakan umumnya merupakan barang bekas.

Baca Juga : PPDB 2023 : Cek Jalur, Syarat dan Jadwalnya Disini

“Selain lebih murah, AC portabel ini dapat dibawa ke mana saja.” Biaya pembuatannya sangat rendah bila menggunakan barang lama. “Namun, manfaatnya hampir sama dengan AC ruangan pada umumnya,” katanya.

Namun, ada beberapa kekurangan dari AC portabel ini. Kekuatan angin yang berhembus cukup rendah. Mengingat ukuran kipasnya juga kecil. Tidak sebesar AC ruangan standar.

“Aplikasinya relatif personal.” Kami berniat memperbaikinya di masa mendatang. Mungkin dari segi desain dan kegunaannya,” Khanza berspekulasi.

Follow Juga : Instagram Madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.