Selasa , 5 Maret 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

Kemenag Buka Pendaftaran Program Persiapan Beasiswa Untuk Santri  Salafiyah, Cek Persyaratannya

gedung kantor kemenag ri 169

Madingmu.com – Kementerian Agama (Kemenag) membuka program persiapan beasiswa 2023 bagi santri yang berada di lingkungan pesantren salafiyah. Pendaftaran ini dibuka dari 22 hingga 29 November 2023 secara online.

Kemudian tahap seleksi berkas/administrasi dilakukan mulai tanggal 30 November sampai dengan tanggal 4 Desember 2023. Kemudian hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 7 Desember 2023. Jika kamu berminat dalam mengikuti program persiapan beasiswa 2023, kamu bisa mendaftar melalui laman https://pendaftaran-beasiswa.kemenag.go.id/login.

Dilansir dari laman kemenag.go.id. Menurut Wibowo Prasetyo, Staf Khusus Menteri Agama bidang Media dan Komunikasi Publik, Minggu, 26 November 2023  memgungkapkan bahwa “Program Persiapan Beasiswa dirancang dalam rangka meningkatkan kompetensi para santri, pengelola, dan pemimpin pesantren salafiyah,”

“Dengan program beasiswa ini, santri pesantren salafiyah diharapkan memiliki kemampuan yang cukup, baik kemampuan bahasa Inggris atau bahasa persyaratan lainnya, serta soft skills yang diperlukan untuk kualifikasi pendaftaran beasiswa” Ujarnya.

Program ini pun diselenggarakan secara luring atau daring di perguruan tinggi dalam negeri yang ditunjuk sebagai mitra Kementerian Agama.

Berikut ini persyaratan umum untuk mengikuti Program Persiapan Beasiswa 2023 :

  1. Diutamakan pengasuh, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada Pendidikan Diniyah Formal, Satuan Pendidikan Muadalah, Ma’had Aly, serta Pendidikan Kesetaraan milik Pondok Pesantren Salafiyah.
  2. Santri Ber-Warga Negara Indonesia (WNI).
  3. Santri asal dari Pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Agama, dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) dan aktif melakukan pemutakhiran data pada EMIS Ditjen Pendidikan Islam.
  4. Santri aktif di pesantren Salafiyah, yaitu santri yang sedang mondok di pesantren Salafiyah sekurang-kurangnya minimal 3 (tiga) tahun terakhir.
  5. Santri aktif di pesantren Salafiyah, yaitu santri yang sedang mondok di pesantren Salafiyah sekurang-kurangnya minimal 3 (tiga) tahun terakhir.
  6. Pengasuh, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang aktif di Pondok Pesantren Salafiyah sekurang-kurangnya 2 tahun sampai saat ini.
  7. Memiliki akhlak terpuji dan layak mengikuti seleksi program.
  8. Mendapat izin dari Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat izin/surat pengantar dari Pimpinan Pesantren Asal.
  9. Mendapatkan rekomendasi dari tokoh/pimpinan/akademisi/kyai/pimpinan pesantren asal.
  10. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil ’alamin.
  11. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai moderasi beragama, nasionalisme, patriotisme serta integritas.

Itulah merupakan persyaratan mengikuti program persiapan beasiswa 2023 bagi santri di lingkungan pesantren salafiyah. Selamat Mendaftar.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa141
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan185
Editor's Pick1150
Terpopuler1110
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.