Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Kamu Harus Tahu! Berikut 5 Tanda Lowongan Kerja Palsu Yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Melamar Kerja

5df4ef09b6b9394636602b7ad559752e76beb9f5

Madingmu.com – Dalam era digital seperti sekarang ini dalam mencari pekerjaan bisa menjadi tantangan tersendiri. Terutama ketika harus berhadapan dengan tawaran lowongan kerja yang tidak jelas keasliannya. Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula munculnya kasus penipuan melalui lowongan kerja palsu.

Oleh sebab itu sangat penting bagi para pencari kerja untuk tetap waspada dan berhati-hati sebelum mengajukan lamaran pekerjaan. Berikut ini beberapa tanda lowongan kerja palsu yang perlu kamu pahami.

  1. Informasi yang Tidak Jelas atau Terlalu Umum

hoax online keyboard

Ketika menemui lowongan palsu, seringkali informasi yang disediakan cenderung tidak spesifik atau terlalu umum. Hal ini bisa terlihat dari deskripsi pekerjaan yang ambigu, tanpa menyebutkan nama perusahaan secara spesifik, atau memberikan detail yang sangat minim tentang tanggung jawab pekerjaan yang diharapkan.

Misalnya, deskripsi pekerjaan yang hanya menyebutkan “memiliki kesempatan kerja yang menarik”, tanpa menjelaskan secara rinci apa yang sebenarnya diharapkan dari peran tersebut. Selain itu, persyaratan kualifikasi seringkali dijelaskan dengan cara yang sangat umum, seperti “memiliki kemampuan komunikasi yang baik” tanpa memberikan contoh konkret atau konteks yang relevan.

  1. Tidak Ada Informasi Kontak atau Alamat Fisik Perusahaan

50605 ilustrasi orang tersesat

Sebuah lowongan kerja yang sah biasanya akan menyertakan informasi kontak yang jelas, seperti alamat kantor, nomor telepon, atau alamat email yang dapat diverifikasi. Ketika kamu tidak menemukan informasi kontak yang jelas atau alamat fisik perusahaan, itu bisa menjadi tanda bahwa lowongan tersebut tidak asli.

Tanpa informasi ini, sulit bagimu untuk memverifikasi keaslian lowongan kerja atau menghubungi perusahaan untuk pertanyaan lebih lanjut. Perhatikan bahwa perusahaan yang sah akan berusaha memberikan informasi kontak yang jelas untuk memudahkan komunikasi dengan para pelamar.

  1. Penggunaan Bahasa yang Buruk atau Tidak Profesional

634f8c70bf68f

Salah satu tanda dari lowongan kerja palsu adalah penggunaan bahasa yang buruk atau tidak profesional dalam deskripsi pekerjaan atau komunikasi dari pihak perusahaan. Ini bisa berupa kesalahan tata bahasa yang mencolok, penggunaan frasa atau istilah yang aneh atau tidak lazim, atau bahasa yang terkesan kurang formal atau tidak sesuai dengan norma komunikasi bisnis yang baik.

  1. Permintaan Data Pribadi Sensitif dan Biaya Pendaftaran

formulir pendaftaran kerja onlin 20231011024813

Sebagian besar perusahaan yang sah tidak akan meminta data pribadi sensitif dari para pelamar pada tahap awal pendaftaran. Jika sebuah lowongan kerja meminta informasi seperti nomor KTP, nomor rekening bank, atau informasi pribadi lainnya sebelum anda diwawancarai, itu bisa menjadi indikasi bahwa lowongan tersebut tidak asli. Selain itu, waspadai juga jika diminta membayar sejumlah uang sebagai biaya pendaftaran atau biaya lainnya untuk mengikuti proses seleksi.

Perusahaan yang sah biasanya tidak akan meminta biaya pendaftaran dari para pelamar. Jika sebuah lowongan kerja menuntut pembayaran sebagai syarat untuk melamar pekerjaan, itu bisa menjadi tanda bahwa lowongan tersebut tidak asli dan kamu perlu waspada terhadap potensi penipuan.

  1. Tidak Ada Proses Seleksi yang Jelas

serious unconvinced diverse hr managers interviewing male job applicant

Sebuah lowongan kerja yang sah biasanya akan menjelaskan proses seleksi dengan jelas kepada para pelamar. Ini termasuk memberikan informasi tentang tahapan-tahapan seleksi yang akan dilalui, seperti wawancara, tes keterampilan, atau penilaian lainnya.

Namun, jika kamu menemukan lowongan kerja yang tidak memberikan informasi tentang proses seleksi atau tidak menyebutkan tahapan-tahapan yang akan dilalui oleh pelamar, itu bisa menjadi tanda bahwa lowongan tersebut tidak asli. Perusahaan yang sah akan transparan tentang proses seleksi mereka dan akan memberikan informasi yang jelas kepada pelamar.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.