Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickBeasiswaHeadlineTerpopuler

Kabar Gembira! Unnes Sediakan 12 Beasiswa Bagi Mahasiswa Baru, Yuk Daftar

Mandiri UNNES

Madingmu.com – Kamu mau masuk Universitas Negeri Semarang (Unnes) tapi masih bingung karena biayanya? Sekarang tak perlu khawatir lagi, kampus negeri yang satu ini telah menyediakan beragam beasiswa bagi mahasiswa nya lho.

Sebelum mendaftar, calon mahasiswa yang ingin masuk Unnes harus tahu dulu jalur masuk kampus ini. Ada tiga jalur masuk yang tersedia yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Untuk jalur SNBP dan SNBT pendaftarannya sudah ditutup. Bagi kamu yang belum sempat daftar atau gagal lewat jalur SNBP atau SNBT masih bisa mencoba kesempatan di Seleksi Mandiri.

Khusus jalur Seleksi Mandiri, biasanya biaya pendidikan yang harus dibayar akan lebih mahal dibandingkan dengan SNBP atau SNBT. Namun, kamu tak perlu khawatir karena Unnes telah menyediakan 12 beasiswa di tahun ini.

Ada apa saja sih beasiswa di Unnes? Dilansir dari website resmi kampus, berikut di antaranya:

Daftar Beasiswa Unnes 2024

  1. BBP-PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP PPA) adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Beasiswa ini disalurkan kepada kampus negeri maupun swasta. Sasaran beasiswa BBP-PPa adalah mahasiswa aktif dan berprestasi.

  1. PPA

Beasiswa PPA juga diberikan oleh Kemendikbudristek bagi mahasiswa yang aktif berprestasi. Untuk mendapat beasiswa ini mahasiswa harus aktif secara akademik maupun dalam kegiatan kemahasiswaan.

Mahasiswa yang mendapat beasiswa PPA akan dijamin biaya pendidikannya dan uang saku bulanan untuk membantu mahasiswa memenuhi kebutuhan hidup.

  1. KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah salah satu beasiswa yang populer di kalangan mahasiswa. Bagaimana tidak, beasiswa ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa yang terbatas secara ekonomi tetapi punya potensi berprestasi.

Cakupan pembiayaan KIP Kuliah antara lain biaya pendidikan selama 4 tahun dan biaya hidup per bulan yang besarannya disesuaikan dengan kategori wilayah kampus.

  1. ADik

Beasiswa ADik juga salah satu program dari Kemendikbudristek, Beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan finansial dan berasal dari wilayah tertinggal, terluar, terdalam (3T).

  1. Yayasan Salim

Yayasan Salim adalah mitra Unnes yang menggelontorkan beasiswa bagi mahasiswa. Bantuan dari Yayasan Salim akan disalurkan kepada mahasiswa S1 dalam bentuk bantuan uang saku Rp 500 ribu per bulan selama satu tahun.

  1. Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) menyalurkan beasiswa kepada beberapa kampus salah satunya Unnes. Beasiswa BI memberikan bantuan untuk biaya pendidikan, tunjangan studi, dan biaya hidup.

  1. Bank BTN

Beasiswa Bank BTN adalah jenis beasiswa ikatan dinas. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa semester akhir dengan kuota cukup terbatas.

  1. VDMS

Beasiswa Van Deventer Maas Indonesia memberikan bantuan biaya hidup sebesar Rp 750 ribu per bulan. Penerima akan mendapatkan bantuan hingga masa akhir studinya yakni empat tahun untuk S1/D4 atau tiga tahun untuk D3.

  1. Supersemar

Beasiswa Supersemar adalah bantuan yang disediakan oleh Yayasan Supersemar bagi pelajar dan mahasiswa. Penerima beasiswa ini akan memperoleh dana biaya pendidikan.

  1. Djarum

Beasiswa Djarum menyediakan dana pendidikan bagi banyak universitas di Indonesia. Bagi detikers yang masuk Unnes, maka bisa juga mencoba daftar beasiswa ini.

Selain mendapat bantuan dana, keuntungan dari awardee beasiswa ini adalah mendapatkan pelatihan character building, leadership development, dan nation building.

  1. Atlet

Seperti namanya, beasiswa Atlet diperuntukkan mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga. Mahasiswa yang meraih prestasi nasional dan internasional bisa dibebaskan uang kuliahnya.

  1. Lazis

Mahasiswa Unnes juga bisa berkesempatan mendapat beasiswa Lazis. Beasiswa ini disediakan oleh Rumah Amal Lazis bagi mahasiswa yang mempunyai hafalan Al-Quran minimal 20 juz.

Itu dia beberapa beasiswa yang disediakan oleh Unnes. kamu ingin coba beasiswa mana?

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.