Kamis , 29 Februari 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Jangan Sampai Kamu Tertipu! Ini Dia 5 Ciri-ciri Modus Penipuan Lowongan Kerja Freelance & Part Time

ilustrasi penipuan online 169

Madingmu.com – Pekerjaan sebagai freelancer maupun paruh waktu (part time) belakangan ini cukup banyak diminati. Hal ini dikarenakan pekerjaan tersebut menawarkan waktu dan tempat kerja yang lebih fleksibel sehingga memungkinkan pekerja untuk menikmati kegiatan lain di luar pekerjaannya.

Tingginya minat orang untuk bekerja sebagai freelancer maupun part time ini rupanya membuka peluang bagi pelaku kejahatan untuk menipu calon korban melalui platform seperti WhatsApp, situs pencarian kerja, bahkan LinkedIn. Sasaran utama scam atau penipuan ini sudah pasti adalah orang-orang yang sedang mencari pekerjaan atau mencari tambahan penghasilan.

Oleh karena itu, kamu perlu waspada dengan modus penipuan berkedok tawaran pekerjaan freelance dan part time via media apapun. Lalu, bagaimana sih mengenali ciri-ciri penipuan dalam lowongan kerja freelance dan part time? Simak ulasan berikut ini supaya kamu tidak menjadi korban penipuan.

  1. Menghubungi Korban Lewat Kontak Pribadi

20220405 cara mengenali dan menghindari penipuan nomor telepon palsu

Penipu lowongan kerja biasanya akan menghubungi korbannya melalui kontak pribadi seperti WhatsApp secara acak, biasanya dengan penggunaan bahasa kurang santun atau tidak formal. Jadi, jika kamu merasa tidak pernah melamar di pekerjaan atau perusahaan tersebut, tapi tiba-tiba mendapat pesan tawaran pekerjaan, segera abaikan karena bisa jadi itu penipuan.

Perusahaan yang resmi biasanya menggunakan email, telepon, atau aplikasi lowongan kerja seperti LinkedIn saat ingin menawarkan lowongan pekerjaan kepada seseorang. Identitas perusahaan yang sebenarnya juga dapat dilihat jelas melalui platform tersebut.

  1. Pekerjaan Mudah, tapi Tawaran Gajinya Besar

cara menjawab pertanyaan berapa gaji yang diharapkan ketika wawancara kerja medium

Siapa sih yang tidak tergiur dengan tawaran pekerjaan yang sangat mudah, bahkan tidak memerlukan keahlian khusus lho, tapi digaji dengan nominal yang tinggi? Sayangnya, tawaran seperti ini termasuk salah satu ciri-ciri lowongan kerja yang menipu.

Orang-orang yang menjadi korban penipuan biasanya tergiur dengan janji gaji yang tinggi dan pekerjaan yang sederhana. Oleh sebab itu hal ini adalah kombinasi pekerjaan yang sangat diinginkan mereka yang sedang mencari pekerjaan paruh waktu atau yang memiliki pengalaman kerja yang terbatas.

  1. Mengharuskan Subscribe atau Gabung ke Aplikasi Tertentu

Modus penipuan WhatsApp kerja freelance BCA

Korban yang tertarik dengan lowongan kerja freelance ataupun part time akan diminta untuk subscribe akun atau website tertentu. Ada juga yang akan  diminta untuk bergabung ke dalam grup di aplikasi tertentu seperti Telegram dengan iming-iming arahan mengenai tugas yang harus dilakukan akan diberikan melalui grup tersebut.

  1. Bertanya tentang Data Pribadi

64be02ecef7d6

Untuk perusahaan yang secara resmi membuka lowongan pekerjaan, biasanya mereka hanya berfokus pada hal-hal yang terdapat dalam resume. Contohnya, riwayat pekerjaan, latar belakang pendidikan, keahlian, dan informasi pribadi dasar menjadi fokus utama.

Tidak ada perusahaan yang benar-benar memerlukan informasi tambahan apapun. Apalagi, sampai minta rincian data pribadi, seperti nomor rekening bank atau nomor jaminan sosial, yang seharusnya tidak perlu dibagikan.

  1. Meminta Transferan Uang

pexels karolina grabowska

Korban akan diminta untuk mentransfer sejumlah uang kepada pemberi kerja. Biasanya, korban diberi janji bahwa mereka akan menerima jumlah yang lebih besar di masa mendatang.

Jika ada seseorang yang menawarkan pekerjaan dan meminta kamu untuk transfer uang seperti itu, sebaiknya segera tolak atau abaikan saja karena tawaran pekerjaan tersebut kemungkinan besar palsu yang berujung pada penipuan.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.