Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHiburanKilas PendidikanTerpopuler

Inovasi Prodi Pendidikan Profesi Psikologi: Kuliah 1,5 Tahun Tanpa Tesis

20230809081812 fpdl.in meeting with formal womens 23 2148435556 large
Sumber: freepik

Madingmu.com – Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran akan menggantikan program magister Psikologi Profesi dengan Pendidikan Profesi Psikologi, karena ada perubahan peraturan.

Program baru ini bertujuan memberikan keterampilan khusus kepada mahasiswa sebagai psikolog. Program tersebut ditempuh selama 1,5 tahun, lebih singkat dibandingkan sebelumnya yang memakan waktu 2,5 tahun. Materi kuliah dalam semester awal berfokus pada teori dan penerapan psikologi.

Mahasiswa selanjutnya akan menyelesaikan praktik kerja di empat lokasi secara berurutan selama satu tahun. Ketua Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) periode 2021-2023 ini menambahkan, “Aplikasinya ada di tatanan kesehatan, tempat kerja, komunitas, dan pendidikan,” ujarnya.

Terdapat tiga kategori utama layanan psikologi, yaitu

  1. promotif,
  2. preventif,
  3. Kuratif

Baca Juga: QS Best Student Cities 2024 : 4 Kota Pelajar Terbaik di Indonesia

Lokasi praktik di bidang kesehatan mirip dengan puskesmas. Sedangkan di komunitas, misalnya di daerah bencana atau yang berkaitan dengan isu-isu pengembangan masyarakat.

Program Pendidikan Profesi Psikologi menggantikan program S2 Psikologi Profesi di Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran. Dalam program baru ini, tugas mahasiswa tidak lagi dihitung berdasarkan kasus, dan mata kuliah seperti statistik, filsafat, dan metode penelitian dihapus karena tidak ada tesis yang diperlukan.

Syarat kelulusan melibatkan uji kompetensi yang dilakukan secara bertahap selama semester pertama. Lulusan program ini akan mendapatkan gelar Psikolog di belakang namanya. Dari banyak perguruan tinggi dengan program S1 Psikologi, hanya 19 Fakultas Psikologi, termasuk Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan lainnya, yang memiliki program magister Psikologi Profesi.Sekarang mereka berencana untuk menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Psikologi

Program Pendidikan Profesi Psikologi di Unpad terbuka untuk lulusan S1 Psikologi dari semua tahun. Pendaftaran diperkirakan antara November 2023 dan Februari 2024. Program S2 Psikologi Profesi di tahun ini tidak menerima pendaftaran baru. Rasio pendaftar yang diterima berkisar antara 1:3 hingga 1:4. Program Pendidikan Profesi Psikologi akan berjalan hingga mahasiswa lulus pada tahun terakhir 2022.

 

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.