Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Ini Dia 7 Tips Mengelola Keuangan Bagi Fresh Graduate

6393cecd0cbba

Madingmu.com – Banyak sekali orang yang meremehkan financial goal, sehingga jarang sekali yang ingin mengatur keuangan, terutama bagi kaum fresh graduated. Mereka lupa bahwa mengatur keuangan adalah hal penting bagi ketahanan hidup seseorang. Karena, setiap bulan tentu berbeda-beda, sehingga kita harus cermat dalam mengelola keuangan.

Ada beberapa tips dalam kelola keuangan bagi kamu yang pertama kali memasuki dunia karir. Apa saja sih? Simak dibawah ini!

  1. Membuat Anggaran Masuk dan Anggaran Keluar

WhatsApp Image 2023 11 30 at 08.54.51

Bagi kamu kaum fresh graduated, ketika menerima gaji pertamamu, cobalah untuk mencatat anggaran masuk dan keluar selama sebulan. Sehingga kamu dapat mengetahui seberapa banyak pemasukan dan pengeluaranmu, dari situlah kamu akan bijak dalam mengelola keuangan.

  1. Mengutamakan Berhemat

1687752329

Setelah kamu mencatat anggaran bulanan, kamu juga dapat mengidentifikasikan mana pengeluaran primer yang wajib dibayarkan dan pengeluaran sekunder yang dapat ditunda.

Contohnya seperti wifi atau jajan di luar setiap minggu. Nah, hal ini bisa kamu kurangi, sehingga kamu dapat mengalokasikan pemasukanmu untuk menabung dan investasi.

  1. Investasi

cover gardens at candi sawangan agustus 5 alasan investasi rumah menguntungkan

Investasi adalah cara terbaik dalam menambah uangmu. Kamu jangan menunggu uangmu banyak, baru memulai investasi. Tetapi, kamu bisa memulainya dengan deposito atau reksa dana.

Seperti saat ini banyak sekali aplikasi investasi yang menjamur mulai dari Rp10.000,- dari situ kamu bisa mencoba berinvestasi sedikit demi sedikit. Jika kamu sudah paham, barulah mencoba untuk berinvestasi yang tinggi resiko.

  1. Menyisihkan Uang untuk Dana Darurat

65035e42d8bb5

Dana darurat  sangat penting lho untuk kamu miliki. Kita tidak pernah tahu mengenai kehidupan di kemudian hari, entah terjadinya kecelakaan atau di PHK. Dengan adanya dana darurat, kamu dapat berpegangan dari dana ini untuk menopang kehidupanmu.

Sisihkan gajimu setidaknya tiga hingga enam bulan ke depan untuk dana darurat ini.

  1. Jangan Biarkan Ada Utang

ilustrasi utang

Kamu ingin bergaya hedon sehingga menyepelekan utang? Jangan sampai hal ini terjadi karena utang adalah masalah besar dalam financial goal seseorang. Hindarilah untuk mengutang, usahakan membeli sesuatu dengan menabung terlebih dahulu dan membayarnya secara kontan.

Jika sudah terlanjur memiliki utang maka bayarlah tepat waktu dan segeralah lunasi utang tersebut.

  1. Tabungan Untuk Jangka Panjang

Tabungan Berjangka Manfaat Cara Kerja dan Daftar Produk Terbaik

Buatlah rencana Tabungan untuk jangka panjang. Kamu bisa mulai dengan membeli tanah atau memiliki tabungan dana pensiun untuk hari tuamu. Tidak ingin dong seumur hidup kita bekerja keras terus menurus? Dengan adanya rencana tabungan jangka panjang ini, kamu bisa memanfaatkan gajimu untuk hari tua nanti.

  1. Manfaatkan Program Karyawan

Cover bekerja sesuai passion

Banyak sekali perusahaan yang memiliki program karyawan, baik dari kesehatan hingga beasiswa. Kamu bisa memanfaatkan asuransi kesehatan untuk menyelamatkan diri dan juga menghemat dana kesehatan.

Ditambah dengan adanya program beasiswa yang dapat kamu manfaatkan untuk meraih pendidikan. Di sini kamu juga dapat menghemat dana pendidikan dan menambah ilmu.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.