Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineHealthcareTerpopuler

Ingin Sehat dan Berumur Panjang? Yuk Ikuti Tips Diet ala Orang Jepang

2165778859

Madingmu.com – Penduduk negara Jepang terkenal memiliki tubuh yang sehat dan berumur panjang. Menurut laporan Kementerian Kesehatan setempat, pada September tahun 2022 terdapat 90% penduduk centenarian atau warga yang berusia di atas 100 tahun. Angka tersebut melonjak berkali lipat dibandingkan tahun 1960 silam.

Ahli nutrisi dari Jepang, Asako Miyashita, telah meneliti orang-orang yang berumur panjang selama 20 tahun. Menurutnya, orang-orang yang memiliki umur pajang, disebabkan oleh mindset, makanan adalah obat, sehingga mereka berhati-hati saat menikmati makanan.

Tidak hanya Asako Miyashita, menurut ilmuan Amerika, Samantha Cassety, yang dilansir dari laman Today menyatakan, bahwa orang-orang Jepang memiliki metode diet yang mampu menyehatkan dan juga membuat umur panjang.

Metode tersebut mampu meminimalisir penyakit diabetes, jantung, dan stroke. Apa saja sih yang kerap dilakukan orang Jepang untuk meraih tubuh yang sehat serta umur yang panjang?

  1. Rajin Minum Teh Hijau

008335800 1608540290 rajin minum teh hijau tak jamin bebas sakit jantung

Meminum teh hijau sudah menjadi tradisi di Jepang. Teh hijau  sendiri memiliki kandungan antioksidan polifenol yang mampu melindungi tubuh kita dari radikal bebas, serta melindungi tubuh dari sel-sel yang menyebabkan penyakit kronis.

Masyarakat Jepang pun menikmati teh hijau tanpa ditambahi gula. Sehingga dapat meminimalisir penyakit diabetes melitus. Itulah kebiasaan yang baik bagi masyarakat Jepang.

  1. Mengonsumsi Rumput Laut

068762500 1543906773 Konsumsi Rumput Laut untuk Tubuh Lebih Sehat By YASUHIRO AMANO 123rf

Seperti yang kita ketahui, rumput laut adalah makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Rumput laut tidak hanya memiliki rasa yang unik, tetapi juga mengandung mineral seperti, yodium, zat besi, dan omega-3.

Rumput laut juga mengandung serat, seperti yang diketahui rajin mengonsumsi serat mampu meminimalisir penyakit diabetes, stroke, hipertensi, dan jantung.

Tidak hanya itu saja, rumput laut juga mengandung antioksidan, yang mampu mencegah penyakit kanker, peradangan, dan mampu menangkal radikal bebas.

  1. Mindset ‘Hara Hachi Bu Me’

female friends eating seafood dish with salmon together 3315948107

Hara hachi bu me adalah mindset yang biasa digunakan oleh masyarakat Jepang saat menikmati hidangan. Di mana mereka akan berhenti makan saat sudah terasa 80% kenyang. Sehingga tidak akan mengakibatkan sakit perut dan tetap nyaman beraktivitas.

  1. Rutin Mengonsumsi Ikan

3 manfaat konsumsi ikan laut yang sayang dilewatkan22

Mengonsumsi ikan adalah hal wajib bagi masyarakat Jepang. Menurut Samantha, masyarakat Jepang dapat mengonsumsi ikan sebanyak 3 ons dalam sehari atau 30kg dalam setahun.

Ikan, kerang, udang, salmon, dan kuliner laut lainnya mengandung protein yang tinggi, rendah lemak jenuh, dan mengandung omega-3. Sehingga masyarakat Jepang tidak mudah terserang penyakit jantung.

Samantha pun menyarankan untuk rutin mengonsumsi ikan minimal seminggu dua kali. Karena mengonsumsi ikan dapat meningkatkan kesehatan otak dan mengatur emosional menjadi lebih baik lagi.

Itu dia empat kebiasaan diet masyarakat Jepang agar memiliki tubuh sehat dan umur panjang.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.