Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

H-1 Pendaftaran SNBP 2024 Ditutup, Berikut Hal Yang Harus Di Perhatikan!

SNBP 2024 Dibuka Tanggal Berapa Ini Jadwal Beserta Syarat dan Dokumennya

Madingmu.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 ditutup pada 28 Februari 2024. Siswa wajib simpan permanen akun SNPMB untuk bisa mendaftar SNBP dan SNBT. Waktu simpan permanen akun SNPMB tutup di hari yang sama pada pukul 15.00 WIB.

Dilansir dari situs dan akun resmi SNPMB BPPP Kemdikbud. Jelang penutupan pendaftaran SNBP 2024, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan oleh siswa :

Hal yang Perlu Diperhatikan pada Pendaftaran SNBP 2024

  1. KIP Kuliah

Jika hendak mendaftar SNBP dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, pastikan siswa sudah melakukan pendaftaran KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk mendaftar jalur SNBP ditutup hari ini, Selasa (27/2/2024).

Pada laman pendaftaran KIP Kuliah, pilih jalur penerimaan SNBP dengan klik Daftarkan Seleksi di kolom SNBP 2024. Setelah mendaftar KIP Kuliah, selesaikan pendaftaran SNBP.

  1. Prestasi Akademik dan Nonakademik

Prestasi akademik dan nonakademik yang dapat didaftarkan maksimal 3 capaian. Pastikan pretasi yang didaftarkan merupakan yang terbaik.

  1. Pilihan Prodi

Siswa yang sudah lolos SNBP 2024, SNBP 2023, dan SNMPTN 2023 tidak bisa mendaftar UTBK SNBT 2024 maupun seleksi jalur mandiri di PTN manapun. Untuk itu, pastikan prodi yang dipilih merupakan prodi yang sesuai dengan minat.

Siswa dapat memilih maksimal 2 prodi pada SNBP. Jika memilih hanya 1 prodi, maka siswa bisa memilih prodi di PTN manapun di Indonesia. Sedangkan siswa yang memilih 2 prodi dikenakan ketentuan salah satu prodinya wajib berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA, SMK atau MA asalnya.

Sejumlah PTN juga mensyaratkan peserta seleksi jalur mandiri berdasarkan prestasi atau jalur mandiri ujian tulisnya memilih kampus tersebut saat SNBP atau SNBT. Ketentuan ini dapat menjadi salah satu pertimbangan siswa dalam memilih kampus tujuan.

  1. Hindari Sanksi Kecurangan

Siswa yang dinyatakan lolos SNBP 2024 tetapi terbukti melakukan kecurangan dapat dibatalkan status kelulusannya. Sekolah yang terbukti curang juga dapat dikenakan sanksi hingga tidak bisa ikut SNBP 2025.

  1. Finalisasi Pendaftaran

Proses pendaftaran SNBP dinyatakan selesai jika siswa sudah finalisasi dengan cetak Kartu Peserta SNBP. Pastikan semua data pendaftaran sudah benar lalu cetak kartu. Sebab, siswa tidak bisa mengubah data pendaftaran setelah finalisasi.

Per Minggu (24/2/2024) lalu ada 445.455 siswa sudah melakukan finalisasi data pendaftaran SNBP 2024. Jangan lupa finalisasi pendaftaran SNBP.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.