Minggu , 19 Mei 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

Fresh Graduate Wajib Tahu! 6 Hal Penting Ini Harus Disiapkan Saat akan Melamar Kerja

Psikologi Melamar Kerja Envato

Madingmu.com – Setelah kamu menyelesaikan pendidikan dan menjadi fresh graduate, langkah berikutnya yang harus dipersiapkan adalah memasuki dunia kerja. Akan tetapi sebelum melangkah untuk melamar pekerjaan, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan dengan baik.

Dari menyusun resume terbaru hingga melakukan latihan wawancara, persiapan ini sangat penting lho untuk meningkatkan kesempatan kamu dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasimu.

Untuk lebih lengkapnya yuk Simak dibawah ini.

  1. Resume/ CV yang Terbaru

thumbnail article cara membuat cv tanpa pengalaman kerja

Resume atau Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen penting yang mencerminkan tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan prestasi seorang individu. Saat menyusun resume, kamu harus pastikan terlebih dahulu untuk memperbarui informasi terbaru dan menyesuaikannya dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Cantumkan dengan jelas pengalaman kerja, pendidikan terakhir, keahlian yang relevan, dan prestasi yang dapat mendukung lamaranmu. Resume yang terstruktur dengan baik akan membantu calon employer memahami profil dan potensi kamu sebagai kandidat yang sesuai dengan posisi yang mereka buka.

  1. Portofolio

1574518779 1 nw5hhpv4

Jika kamu memiliki portofolio pekerjaan atau proyek yang relevan dengan posisi yang akan kamu lamar, pastikan untuk menyertakannya dalam lamaranmu.

Portofolio ini dapat berupa proyek akademis, tugas kuliah, magang, atau pengalaman kerja sebelumnya yang dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kemampuan dan kualitas kerjamu. Portofolio yang kuat dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam memperkuat lamaranmu dan membedakan kamu dari kandidat lain.

  1. Surat Lamaran Kerja

c0207093 6c25 4a66 ac97 71b4b338b642

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang memberikan kesempatan kepada kamu untuk menjelaskan mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut dan apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan. Tulislah surat lamaran dengan singkat, jelas, dan menarik, sambil menyoroti mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut berdasarkan pengalaman, keahlian, dan minatmu.

  1. Berlatih Wawancara

Latihan Wawancara

Wawancara kerja adalah kesempatan bagi calon employer untuk mengenal kamu secara lebih mendalam. Untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara, lakukan lah praktik wawancara kerja dengan teman, keluarga, atau mentor.

Latihan ini akan membantu kamu merasa menjadi lebih percaya diri dan siap dalam menghadapi pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh pewawancara. Selain itu, pastikan untuk melakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar sehingga kamu dapat memberikan jawaban yang relevan dan informatif.

  1. Jalin relasi dengan Alumni dan Profesional
Tanpa judul 1455 × 867 piksel 1455 × 867 piksel 726 × 417 piksel
xr:d:DAFulboLvSw:1,j:7027144380698008609,t:23091605

Manfaatkan jaringanmu dengan alumni kampus, mentor, dan profesional di bidang yang kamu minati. Mereka dapat memberikan saran, informasi tentang lowongan pekerjaan, atau bahkan merekomendasikanmu untuk posisi tertentu.

Jaringan ini dapat menjadi sumber penting dalam mendapatkan informasi tentang peluang karir dan memperluas kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minatmu.

  1. Pelatihan Tambahan atau Sertifikasi

76 20210131160215579

Jika ada pelatihan tambahan atau sertifikasi yang dapat meningkatkan kualifikasi dan keterampilanmu untuk posisi yang kamu lamar, pertimbangkan lah untuk mengikutinya.

Pelatihan tambahan atau sertifikasi ini dapat memberikan nilai tambah pada lamaranmu dan menunjukkan komitmenmu terhadap pengembangan diri serta keinginanmu untuk terus belajar dan berkembang dalam kariermu. Hal ini juga dapat membantu kamu untuk memperkuat posisi kamu sebagai kandidat yang diinginkan oleh perusahaan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.