Senin , 15 Juli 2024
HeadlineKilas Pendidikan

Dampak Kemajuan Teknologi pada Sektor Pendidikan, Kang Acel: Wisdom Menjadi Hal yang Penting untuk Dimiliki

03
Seminar ‘Kemajuan Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan’ yang digelar oleh Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kota Bandung

Madingmu.com – Kebijakan menjadi salah satu nilai terpenting dalam menghadapi kemajuan teknologi, karena pada prinsipnya teknologi tidak bisa dilawan. Demikian diungkapkan Kang Acel yang dikenal sebagai Leardership Trainer dan juga penggiat Ayah Hebat saat menyampaikan materi pada Seminar ‘Kemajuan Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan’ yang digelar oleh Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kota Bandung, di Gedung BBGP Jalan Diponegoro, Rabu (14/6/2023).

Pada seminar tersebut, pria yang memiliki nama lengkap Acep Lulu Iddin mengambil tema ‘Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Kemajuan Teknologi’, lebih jauh ia mengatakan jika kemajuan teknologi memiliki pengaruh besar dalam sektor pendidikan.

“Kita harus mendorong menyiapkan sebuah wahana dalam sektor pendidikan, agar terjadi pertumbuhan, kemampuan, pemahaman, dan menjadi tindakan yang positif dengan hadirnya era digital,” papar Kang Acel.

02

 

Kendati demikian, pada dunia pendidikan ia mengaku tenaga pengajar tidak bisa dipaksakan harus melek teknologi, karena kemampuan setiap orang berbeda-beda, selain itu sarana juga berbeda-beda.

“Tapi yang perlu kita miliki itu bagaimana wisdom, bagaimana moral, etika yang harus diikuti agar kemajuan teknologi yang luar biasa ini bisa diberangin dengan kebijakan kitanya. Dan itu yang menjadi penting dalam menghadapi kemajuan teknologi,” tuturnya.

Terlebih, diyakininya teknologi memang sudah dibuat sedekian rupa untuk tumbuh dengan kecepatan yang sudah quantum. Namun, katanya, yang tidak bisa diisi oleh teknologi harus diisi oleh kita sendiri. Salah satunya ia menyebutkan yaitu pembentukan karakter.

01

“Teknologi semakin tinggi, namun tetap dijaga dengan moral yang dimiliki, nah itulah pentingnya kolaborasi didunia pendidikan. Para tenaga pengajar yang memang kapasitas untuk menguasai teknologi tidak bisa maksimal, disitulah perlunya. Saling mengisi dan berkolaborasi,” tuturnya.

Saat disinggung apakah teknologi memiliki dampak besar terhadap Kang Acel sendiri? “Sangat, saya mencari literatur dengan teknologi, kita bisa banyak melihat tulisan jurnal yang dipublish oleh orang lain. Dan itu kemajuan yang luar biasa dan saya sangat terbantu dengan itu,” akunya.

Meski begitu, lagi-lagi Kang Acel mengingatkan, di tengah kecanggihan teknologi harus tetap meningkatkan wisdom dalam diri. Karena, tuturnya, hal itu menjadi alarm. “Dan saya juga mengajak teman-teman semua agar meningkatkan wisdom dalam menghadapi kemajuan teknologi dan marilah kita menjadi pribadi yang memiliki karakter.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.