Jumat , 8 Desember 2023
Serba SerbiHeadline

Catat! 5 Keahlian Ini Wajib Dimiliki Anak Muda di Masa Depan

pexels mikhail nilov 7988087
Photo by Mikhail Nilov: https://www.pexels.com

madingmu.com – Teknologi dan informasi di dunia terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini memicu persaingan yang ketat dalam dunia bisnis. Untuk mengatasi hal tersebut, setidaknya anak muda di Indonesia harus memiliki skill yang dibutuhkan. Lantas, keahlian apa saja yang harus dimiliki oleh anak muda di masa depan?

Keahlian Digital

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat menuntut calon pekerja untuk memiliki keterampilan dan keahlian serta melek terhadap perkembangan teknologi. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan bagi para pemberi kerja dan perusahaan. Tidak jarang perusahaan memberikan kualifikasi yang tinggi saat melakukan rekrutmen dengan mensyaratkan calon pekerja yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang teknologi digital.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, dimana digitalisasi menjadi pintu gerbang utama dalam melakukan aktivitas bisnis. Oleh karena itu, keterampilan digital menjadi sangat penting bagi perkembangan anak muda di masa depan.

Keterampilan Bahasa Asing

Bahasa adalah jendela dunia. Itu artinya, kemampuan berbahasa asing menjadi keterampilan yang wajib dimiliki oleh generasi muda di masa depan. Apalagi dengan diberlakukannya kerja sama perdagangan bebas, investasi dan produk dari luar negeri akan bebas masuk ke Indonesia.

Untuk mengkomunikasikan bisnis dengan baik, kemampuan bahasa asing yang baik tentu akan sangat dibutuhkan.

Kemampuan untuk Berinovasi

Inovasi adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki di masa depan. Perusahaan seringkali menekankan karyawannya untuk mengembangkan inovasi-inovasi cerdas untuk mendukung kinerja perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan sangat bergantung pada inovasi yang diciptakan oleh karyawannya, mulai dari produk baru hingga inovasi sistem.

Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis

Kemampuan terpenting yang harus dimiliki anak muda sebelum memasuki dunia kerja adalah kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis. Untuk mengembangkan kemampuan ini, anak muda harus dibekali dengan praktik daripada hafalan atau penekanan pada keterampilan. Dengan begitu, anak muda dapat dengan cepat beradaptasi dengan berbagai masalah yang muncul di dunia bisnis.

Memiliki jiwa Enterpreneur

Tidak semua anak muda atau calon pekerja akan terjun ke dunia bisnis. Namun, semua anak muda membutuhkan jiwa kewirausahaan untuk bisa sukses di dunia kerja saat ini. Perusahaan menginginkan pekerja yang memiliki sikap berpikiran maju yang dapat memprakarsai perubahan serta kreatif dan inovatif.

 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan211
Literasi Keuangan30
Ruang Siswa104
Beasiswa137
School lifehack91
Hiburan143
Editor's Pick771
Terpopuler736
Opini10
Serba Serbi370

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.