Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Bukan Hanya Kekerasan Fisik, 6 Jenis Bullying Ini Orangtua Perlu Ketahui

Bullying

Madingmu.com – Ketika mendengar kata bullying atau perundungan, kebanyakan orang pasti akan mengira bentuknya dalam kekerasan fisik. Memang benar salah satu jenis bullying adalah kekerasan fisik, akan tetapi perundungan nggak sekadar fisik saja lho.

Dilansir dari laman Very Well Mind, ada enam tipe perundungan yang perlu kamu ketahui. Apa saja sih? Simak berikut ini :

  1. Perundungan Fisik

Perundungan fisik adalah jenis bullying yang paling terlihat. Perundungannya melibatkan kekerasan fisik seperti dipukul, dicekik, didorong, hingga ditendang. Bisa juga melalui gestur-gestur tangan hingga merusak barang-barang korban.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak laki-laki rentan sekali terkena bullying fisik daripada anak perempuan. Anak laki-laki juga banyak menjadi pelaku perundungan dari pada anak perempuan dari penelitian-penelitian yang telah ada.

  1. Perundungan Verbal

Perundungan verbal yang dilakukan melalui kata-kata dan tulisan yang mengintimidasi korban nya. Bentuknya bisa berupa ejekan hingga ancaman.

Jenis bullying ini sukar untuk diketahui karena terjadi saat korban dan pelaku nggak dalam ruangan yang sama. Oleh karena itu orangtua harus tetap waspada karena dampak panjang perundungan verbal adalah stress dan kecemasan yang berkepanjangan.

  1. Perundungan Relasional

Perundungan relasional juga disebut sebagai perundungan sosial dan agresi relasional. Perundungan ini dilakukan untuk merusak reputasi sosial dari korban.

Pelaku bullying bakal menyebarkan rumor, memalukan korban di depan publik, dan mengasingkan korban dari suatu kelompok dengan sengaja. Dampaknya bisa membuat korban terisolasi, merasa kesepian, kecemasan, dan depresi.

  1. Cyberbullying

Cyberbullying atau perundungan siber dilakukan pelaku melalui alat elektronik dan dunia maya. Pelakunya terkadang memakai identitas anonim yang bertujuan untuk mengolok-ngolok korban di media sosial.

Cyberbullying ini dampaknya lebih panjang untuk korban. Walau korban telah memblokir pelaku, jejak-jejak perundungan diketahui banyak orang. Korban akan terus terbayang-bayang dengan hal itu karena semua orang kini berada di media sosial.

  1. Perundungan Seksual

Tipe bullying ini berbentuk komentar seksual, mengirim foto dan video tak senonoh tanpa persetujuan, sehingga menyebarkan rumor seksual seseorang. Perundungan seksual dapat dilakukan secara langsung maupun secara online.

Perundungan seksual ini banyak terjadi di mana saja. Penelitian menunjukkan bahwa 81% perempuan dan 41% pria pernah satu kali dilecehkan secara seksual didalam hidupnya.

  1. Prejudicial Bullying

Prejudicial bullying kerap menargetkan kelompok minoritas dilihat dari etnis, agama, ras, dan orientasi seksual. Perundungan jenis ini dilakukan karena adanya stereotipe atau prasangka bias yang beredar di masyarakat.

Padahal, stereotipe itu hanyalah konstruksi sosial belaka. Maka dari itu, stereotip negatif yang beredar di masyarakat bisa merugikan suatu kelompok.

Itu dia enam tipe bullying yang bisa terjadi pada siap apun. Orangtua wajib mengetahui beberapa jenis perundungan di atas agar dapat selalu mengawasi anak dari kejahatan yang ada.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.