Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Apa Saja Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah?

anak sekolah1

Madingmu.com – Siswa tidak hanya memiliki hak dan kewajiban di rumah, tetapi mereka juga memiliki keduanya di sekolah. Meskipun anak tersebut masih kecil, ia memiliki hak untuk mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sekolah. Mengetahui hak dan kewajiban di sekolah akan membantu mengembangkan ketertiban, kedisiplinan, dan pemahaman akan arti tanggung jawab. Namun, apa saja hak dan kewajiban anak ketika mereka berada di sekolah?

Berikut adalah hak siswa disekolah:

1. Kemungkinan mendapatkan pengetahuan

Saat berada di sekolah, semua anak memiliki hak untuk belajar dari guru mereka. P2G: Membeli dan menjual seragam sekolah sudah lama menjadi hal yang ilegal. Guru yang kompeten harus membimbing siswa untuk menjadi siswa yang cerdas. Jika seorang guru tidak tersedia, anak berhak meminta guru pengganti dari staf atau guru lain jika memungkinkan.

2. Konsultasikan dengan guru tentang masalah apa pun yang tidak Anda pahami

Ketika seorang anak mengalami kesulitan dalam memahami suatu topik, ia berhak meminta klarifikasi kepada guru.Guru juga harus menjelaskan materi tersebut kepada anak sampai ia memahaminya. Sebagai seorang siswa, anak memiliki hak untuk meminta agar materi yang tidak dimengerti dikembalikan kepadanya.

3. Kemungkinan menggunakan fasilitas sekolah

Semua sekolah harus menyediakan fasilitas untuk siswa. Sebagai hasilnya, siswa juga memiliki hak untuk menggunakannya. Lapangan olahraga, perpustakaan, ruang ibadah, kantin, dan fasilitas lainnya adalah contohnya.

4. Mendapatkan perlindungan dan keamanan sekolah.

Siswa, termasuk mereka yang berada di usia dini, akan menghabiskan banyak waktu di sekolah dengan teman-teman mereka, instruktur, staf, dan anggota sekolah lainnya. Oleh karena itu, siswa memiliki hak untuk merasa aman di sekolah. Hal ini termasuk perlindungan dari pengajar dan karyawan sekolah, terlepas dari asal etnis, budaya, atau agama murid-murid mereka.

Daftar kewajiban siswa siswi di sekolah:

1. Kepatuhan terhadap peraturan dan tata tertib sekolah

Setiap sekolah memiliki peraturan dan tata tertib. Siswa harus mengikuti peraturan dan tata tertib yang berlaku, yang mungkin berbeda dari satu sekolah ke sekolah lainnya.  Orang tua harus menyadari hal ini.

2.Tidak boleh terlambat dan izin tidak masuk sekolah

Tergantung pada peraturan sekolah, bel sekolah biasanya berbunyi pada pukul 06.30 atau 07.00 waktu setempat. Peraturan ini diberlakukan untuk memastikan bahwa siswa mengikuti rencana pelajaran sejak mereka tiba hingga waktu pulang. Jika siswa tidak masuk sekolah, orang tua atau wali murid harus meminta izin atau memberi tahu guru dan petugas sekolah.

3. Menjaga etika sekolah yang baik Selama berada di sekolah

Siswa diharapkan untuk menjaga kesopanan, kesopanan, basa-basi, senyum, dan salam. Hal ini berlaku untuk semua personel sekolah, termasuk teman, saudara, guru, staf, kepala sekolah, dan penjaga keamanan. Seorang anak harus menghargai dan menghormati semua anggota komunitas sekolah.

4. Itu dia beberapa hak dan tanggung jawab siswa di sekolah

Dengan hak dan tanggung jawab ini, seorang anak dapat belajar bagaimana menjadi siswa yang luar biasa dan bermoral dengan bersekolah di sekolah terbaik.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.