Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Amalan Sunnah di Hari Jum’at untuk Perempuan

sitting woman reading quran

Madingmu.com – Hari Jumat adalah hari yang penting bagi umat Islam. Pada hari Jumat, semua Muslim laki-laki berkumpul di masjid untuk melaksanakan salat Jumat. Bahkan, disarankan agar setiap pria Muslim menahan diri untuk tidak berjualan atau melakukan aktivitas pekerjaan lain untuk melakukan ibadah ini.

Hari Jumat adalah hari yang tepat untuk melakukan berbagai macam perbuatan baik selain sebagai hari salat Jumat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk pria, tetapi juga untuk wanita. Wanita harus terlibat dalam sejumlah perilaku Jumat yang baik. Mandi sunnah, memperbanyak selawat untuk Nabi Muhammad, dan memperbanyak doa adalah beberapa contohnya.

Baca Juga: Naudzubillah, Ini 10 Kelompok yang Sholat tapi Amalannya Tidak Diterima

Saat laki-laki mendapatkan pahala dari shalat jum’at di masjid, perempuan pun bisa mendapatkan keberkahan di hari jum’at dengan melakukan ibadah sunnah berikut :

  1. Shalawat Nabi

Pada hari Jumat, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak shalawat Nabi. Disebutkan juga bahwa pada hari Jumat, memperbanyak shalawat Nabi lebih utama daripada memperbanyak zikir dan membaca Al-Quran. Anda dapat menjadi seseorang yang akan menerima syafaat di Hari Kiamat dengan memperbanyak shalawat Nabi.

  1. Pembacaan Surat Al Kahfi

Amalan sunah Jumat untuk wanita berikutnya adalah membaca Surat Al-Kahfi. Sebuah hadis mengatakan, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan ada cahaya yang menyinari dirinya di antara dua hari Jumat.” (HR. Al-Hakim)

Selain itu, setiap orang yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat akan diampuni dosa-dosanya selama dua hari Jumat. Bahkan, ada sebuah hadis yang mengatakan bahwa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan melindungi Anda dari fitnah dajjal di hari akhir.

Baca Juga: Alif Lam Syamsiah : Pengertian, Hukum Bacaan, Hingga Contoh Bacaan Dalam Al Qur’an

  1. Perbanyak Do’a

Memperbanyak doa adalah amalan sunah Jumat lainnya yang dapat dilakukan. Pada hari Jumat, umat Islam dianjurkan untuk berdoa sebanyak mungkin. Jum’at merupakan hari yang mulia, semua do’a yang kita panjatkan isyaAllah akan Allah kabulkan.

Semua hari itu baik, namun hari jum’at memiliki keistimewaan tersendiri. Maka berdoalah sebanyak-banyaknya, lantunkan shalawat nabi sebaik-baiknya dan lakukanlah kebaikan lain seikhlas-ikhlasnya, niscaya Allah akan mengabulkan semua do’a mu dan melipatgandakan kebaikan mu.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.