Jumat , 18 Oktober 2024
Ruang Siswa

Peringatan Hari Suci Nabi Muhammad SAW di SMAN 1 Purwakarta

POSTER ISRA MIRAJ 576x1024 1
POSTER ISRA MIRAJ
Poster Isra Mi’raj 2022 SMA Negeri 1 Purwakarta

PERINGATAN ISRA MI’RAJ 2022

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), BPHPK (Badan Pengurus Harian Perwakilan Kelas) dan IRMA (Ikatan Remaja Masjid) SMA Negeri 1 Purwakarta kembali berinovasi mengadakan Isra Mi’raj 2022 berbasis daring yang diikuti oleh seluruh kelas X, XI, dan XII beserta para guru, walau kondisi pandemi seperti sekarang ini mereka tidak kehabisan ide untuk melaksanakan kegiatan Isra Mi’raj tanpa harus bertatap muka dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan Isra Mi’raj ini dinamakan “Gamasatya” kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Isra Mi’raj yang merupakan peristiwa naiknya Nabi Muhammad ke Sidratul Muntaha, sebuah ruang tak tersentuh manusia, untuk menerima perintah shalat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa/i SMA Negeri 1 Purwakarta dapat memaknai dan memahami tentang sejarah Nabi Muhammad SAW.

Isra merupakan perjalanan Rasulullah SAW pada suatu malam dari masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Sementara Mi’raj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ke tujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (Akhir penggapaian) untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan shalat lima waktu dalam sehari semalam.

Gamasatya sendiri merupakan kata yang diserap dari Bahasa Sanskerta, Gama yang berarti perjalanan, Agung yang berarti penuh dan Aryasatya yang berarti kemuliaan. Bila digabungkan akan menjadi perjalanan yang penuh kemuliaan. Namun karena ada beberapa alasan yang salah satunya berkaitan dengan kalimat Isra Mi’raj sendiri memiliki arti sangat dalam, nama Gamasatya ini diubah menjadi Isra MI’raj kembali.

Acara Isra Mi’raj yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2022 ini disambut dengan gembira oleh siswa/i serta guru-guru SMA Negeri 1 Purwakarta. Rangkaian kegiatannya terdiri dari pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan ketua pelaksana, sambutan Kepala SMA Negeri 1 Purwakarta, Pembacaan tawasul, Pembacaan Asmaul Husna dan Shalawat, serta puncak kegiatan yaitu ceramah yang dibawakan oleh Bapak Ustadz Saiful Bahri (Ustadz Joy), dan diakhiri dengan Do’a.

BACA JUGA  Apel pagi SMA Negeri 7 Kota Bogor
IMG 9719 1
Dokumentasi Isra Mi’raj tanggal 25 Februari 2022 SMA Negeri 1 Purwakarta

Isra Mi’raj ini digelar dengan baik dan terorganisir. Apa latar belakang dari melaksanakan kegiatan ini? Apakah kegiatan ini berjalan dengan lancar? Dan apa suka dukanya saat menjalankan kegiatan ini secara daring?

“Latar belakang acara ini salah satunya yaitu menjalankan program OSIS-BPHPK periode 2021-2022. Tidak hanya itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa/i SMA Negeri 1 Purwakarta menjadi lebih taat terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta mempunyai karakter yang lebih religius,” Ujar Teh Nanis Anisa, selaku sekretaris acara Isra Mi’raj dan ketua IRMA.

“Menurut saya, tentu acara ini berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Namun, tetap saja masih terdapat kesalahan yang harus diperbaiki untuk kedepannya baik dari panitia maupun dari rangkaian acara. Untuk kepuasan ekspektasi saya terhadap acara ini yaitu sekitar 85% dari 100%,” Lanjut Teh Nanis.

“Dengan dilaksanakannya acara ini secara online, kita tetap bisa melaksanakan serta memperingati Isra Mi’raj dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kita jadi dapat mengurangi penyebaran virus COVID-19 karena acara ini yang diadakan secara online. Untuk dukanya dari segi jaringan yang sering terganggu sehingga kegiatan live streaming ikut terganggu serta suara pada live streaming juga tidak begitu terdengar jelas,” Ujarnya kembali.

Walau di masa pandemi seperti ini, SMA Negeri 1 Purwakarta tidak pernah kehabisan ide untuk dapat selalu mewadahi aspirasi, minat dan bakat siswa/i SMA Negeri 1 Purwakarta, mereka selalu dapat memanfaatkan situasi yang ada dan tidak putus asa.

Penulis : Rd. Zahra Ghea Aurellya

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.