Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

7 Rekomendasi Situs Belajar Online Bagi Mahasiswa, Simak di Bawah Ini!

Belajar Online
Close-up Of Woman Having Video Chat On Digital Tablet In Classroom

Madingmu.com – Ilmu tidak hanya bisa diperoleh dari kampus saja. Akan tetapi juga bisa berasal dari sumber-sumber lainnya, termasuk situs belajar online.

Dengan menggunakan situs belajar online, kamu akan mudah belajar di mana saja serta kapan saja. Saat ini ada banyak website yang menyediakan kursus online dan webinar. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Setiap ilmu yang diberikan selalu di-update sesuai dengan tren yang berkembang. Ilmu yang ditawarkan di situs belajar online tidak hanya matematika, sains, atau bahasa, tetapi ada juga kelas untuk meng-upgrade skill di dunia kerja. Seperti desain, marketing, sales, public speaking, dan IT.

Ada banyak situs belajar online yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Berikut ini beberapa di antaranya.

Situs Belajar Online Bagi Mahasiswa :

  1. Khan Academy

1570506339743

Jika kamu mencari situs belajar online yang gratis, maka Khan Academy adalah jawabannya. Course yang ditawarkan sangat bervariatif. Mulai dari kelas SAT, Matematika, Arts, dan juga Humanities.

Caranya kamu hanya perlu mengunduh situs ini di iOS atau Android. Situs yang digagas oleh Salman Khan ini memiliki keunggulan pada SAT (Scholastic Assessment Test), yang harus diikuti jika ingin masuk ke universitas di Amerika.

Selain belajar online, kamu juga akan dapat berpartisipasi menjadi volunteer di situs Khan Academy.

  1. Glint Expert Class

2a3f3041ade9822468b5c8390048eacd

Glint Expert Class merupakan situs belajar online yang digunakan untuk mengembangkan skill di dunia kerja. Di setiap kelas terdapat topik-topik seputar pengembangan diri yang dimentori oleh para professional yang berpengalaman.

Terdapat pula kelas-kelas lain yang membahas mengenai bidang profesi. Seperti finance, marketing, sales, IT, dan desain.

Terdapat pula kelas bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Menariknya lagi, di akhir sesi kamu akan dapat bertanya langsung kepada narasumber. Jadi nya rasa penasaran akan terjawab langsung dengan ahlinya.

  1. Alison

download 1 1

Kamu yang ingin belajar online atau kursus desain grafis, maka Alison adalah jawabannya. Di sini kamu bisa memilih kelas-kelas online desain grafis. Mulai dari mendesain produk, design thinking (menganalisis dan observasi desain), hingga program belajar online dengan gelar Diploma.

Berdiri pada tahun 2007, dan sampai saat ini alison telah memiliki 11 juta pengguna dari 195 negara. Kamu juga dapat mengakses beberapa kursus secara cuma-cuma, loh!

  1. EdX

EDX Press Release Hero 3

Harvard University dan MIT telah menciptakan situs belajar online untuk mendukung dunia pendidikan yang diberi nama edX. Situs ini dibuat pada tahun 2012 yang digunakan ketika kamu ingin mendapat materi yang belum tentu ada di sekolah.

Terdapat salah satu kelas Basic Spanish di language section, yang bisa kamu akses cuma-cuma dengan durasi belajar selama 7 minggu.

Jika ingin mendapat sertifikat hasil belajar online tadi, kamu bisa membayar sesuai harga yang tertera di course yang kamu pilih.

  1. Ruang Guru

logo ruangguru

Ruang Guru merupakan sebuah karya dari anak bangsa Indonesia. Di situs ini kamu bisa pilih beberapa program seperti les online, ruang uji, atau ruang les.

Ruang les merupakan fasilitas dengan guru privat yang akan membantu kamu dalam belajar dengan cara mendatangkan guru ke tempat dan waktu yang sudah kamu tentukan.

Untuk sekarang jika kamu ingin mencari guru privat, kamu bisa melakukannya dengan mudah yaitu hanya cukup dengan menggunakan situs belajar Ruang Guru.

Jika kamu butuh tutor saat mengerjakan tugas atau PR, kamu bisa coba gunakan ruang les online. Detail yang diperhatikan Ruang Guru bahkan sampai ke range harga yang diinfokan di situs. Cakupan area tinggal dan preferensi gender guru untuk pelajar setingkat TK sampai Universitas.

  1. Brainly

Brainly logo.svg

Brainly merupakan salah satu situs belajar online yang sering kali didengar. Dengan tagline ‘For Students by Students, Question Everything Answer Everything’ yang sering kita baca saat membuka Brainly.

Cara menggunakan situs ini adalah dengan mengajukan pertanyaan kemudian pertanyaan tersebut akan terjawab oleh beberapa pelajar atau user dari berbagai negara yang ada di dunia.

Ada beberapa pengelompokan bidang studi di beberapa tab sebagai subjek. Seperti History, Math, Language, Social Studies, SAT, dan pertanyaan ilmu pengetahuan umum lainnya.

Jadi selain mendapat jawaban dari pertanyaan yang diajukan, kamu juga akan mendapat teman baru.

  1. SquLine

Squline Feature

Situs belajar online yang terakhir ini juga berbasis di ibu kota Indonesia. SquLine namanya. SquLine ini berfokus pada materi bahasa, yaitu Jepang, Mandarin, dan Inggris. Di laman SquLine terdapat info mengenai harga sampai opsi untuk program korporat.

Di zaman sekarang, perlu sekali untuk upgrade diri dengan melatih skill bahasa untuk mendukung performa saat melamar pekerjaan. SquLine bisa jadi rekomendasi kamu yang ingin belajar bahasa asing.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.