Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

7 Negara ini Memiliki Peraturan Hukum Paling Ketat di Dunia, Kamu Wajib Patuhi Saat Berkunjung!

091611400 1517819355 thumbnaill 4

Madingmu.com – Sebelum pergi berlibur, ada baiknya kamu mencari tahu dulu tentang budaya dan aturan hukum yang berlaku di negara yang akan kamu kunjungi. Banyak negara yang memiliki peraturan hukum sangat ketat dan tak segan-segan dapat menjatuhi hukuman berat bagi pelanggarnya, baik penduduk lokal maupun wisatawan asing.

Tujuan dari peraturan ketat tersebut adalah upaya untuk melindungi dan mendisiplinkan warganya. Dalam penerapannya, beberapa negara telah berhasil memberdayakan warganya untuk mematuhi hukum.

Dilansir dari laman FinanceOnline, berikut ini deretan negara yang dikenal memiliki peraturan hukum paling ketat di dunia. Simak berikut ini!

  1. Jepang

Jepang ratio 16x9 2

Banyak orang beranggapan bahwa Jepang merupakan negara yang ideal untuk liburan dan menikmati wisata kuliner. Meski memang benar adanya, tapi kamu juga harus mengetahui beberapa aturan hukum yang cukup ketat di negara ini.

Misalnya, tidak diperbolehkan untuk merokok di tempat umum, termasuk restoran dan bar, kecuali di area khusus merokok. Aturan ini diberlakukan secara ketat, apabila ketahuan melanggar maka dapat dikenakan denda yang tidak sedikit.

Selain itu, pemerintah negara juga mengatur ketat perihal kepemilikan senjata api. Jika kamu ingin membeli senapan di Jepang, maka harus siap melewati proses yang sangat panjang, mulai dari mengikuti kursus perihal senjata api, mengambil ujian tertulis, ujian menembak dengan skor di atas 90, tes kesehatan, mental, dan penggunaan obat-obatan, serta catatan kriminal dari kepolisian.

Polisi juga harus diberitahu letak penyimpanan senjata dan peluru, serta setiap tahun akan memeriksa senjata tersebut.

  1. Singapura

628484ce 513f 4671 9db4 39b489eee651 43

Meski luasnya tidak terlalu besar, akan tetapi Singapura menjadi negara paling maju di kawasan Asia Tenggara. Perekonomian di negara ini disebut-sebut lebih maju daripada negara tetangganya.

Negeri Singa ini memiliki peraturan dan kebijakan tegas terhadap penduduk lokal dan wisatawan yang berkunjung ke negaranya. Banyak hal yang sering dianggap sepele, namun bisa dikenakan denda sangat mahal. Misalnya saja, meludah sembarangan, mengunyah permen karet, merokok di tempat umum, hingga berbicara terlalu keras bisa membuat kamu terkena masalah serius.

Pemerintah negara ini menangani pelanggaran kecil hingga kejahatan berat dengan sangat ketat. Namun, kepatuhan warganya mentaati aturan menjadikan Singapura sebagai negara maju dan negara terkaya di dunia.

  1. China

25f4f01a156b2056620cfeb1c6a9506834663442

Otoritas China menerapkan aturan ketat yang diperkuat oleh Partai Komunis Tiongkok kepada seluruh warganya. Negeri Tirai Bambu ini memiliki tingkat penegakan hukum yang tinggi terutama terkait tindakan korupsi, narkotika, dan pelanggaran hak asasi manusia.

Bahkan sudah banyak mantan pejabat tinggi yang dieksekusi mati setelah terbukti melakukan korupsi. Pejabat negara di negeri ini pun gampang dipecat, apabila ketahuan tidak bekerja atau bermalas-malasan.

Kemudian ada beberapa aturan ketat baru di China tidak hanya mengatur perlintasan di LCS, tetapi juga mengatur kekayaan warganya, hingga melarang les privat di lembaga tidak resmi dan bermain game.

  1. Arab Saudi

011690000 1590380445 20200524 Wajah Sunyi Jalanan di Kota Riyadh pada Momen Idul Fitri AFP 2

Arab Saudi menerapkan aturan ketat berdasarkan Al-Qur’an dan hadits. Pelanggaran seperti menegak minuman keras, perzinaan, dan tindak kejahatan yang dilarang dalam Islam akan dijatuhi hukuman yang tidak main-main.

Bagi orang-orang yang melanggar aturan ini akan dikenakan hukuman cambuk, pemenggalan tangan, hingga hukuman mati bagi pelanggaran berat. Itu semua juga berlaku bagi wisatawan asing.

  1. Korea Utara

625fabb526675 pemimpin korea utara merayakan ulang tahun pendiri korut kim ilsung 1265 711

Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini disebut sebagai salah satu yang paling tertutup di dunia. Korea Utara berdiri dengan sistem hukum yang sangat otoriter, dan dianggap tidak masuk akal.

Pemerintah Korea Utara memegang kendali atas semua kehidupan warganya, baik pendidikan, pekerjaan, hingga aturan berpakaian pun diatur oleh pemerintah negara tersebut.

Pelanggaran hukum sekecil apapun akan dijatuhi hukuman. Apalagi bagi orang-orang Korea Utara yang ketahuan ingin kabur atau membelot, mereka akan dijatuhi hukuman mati atau dikirim ke kamp kerja paksa seumur hidup.

  1. Kuba

kuba

Saat berkunjung ke Kuba, kamu akan dimanjakan dengan liburan berkelas yang menawarkan pemandangan pantai dan musik Latin yang menggema.

Sayangnya, di balik destinasi wisata yang memanjakan mata ini, Kuba memiliki aturan hukum yang cukup ketat. Aturan tersebut membatasi kebebasan berekspresi, bersosialisasi, berbicara warganya, terutama dalam melawan pemerintah.

Keberadaan pers di sana juga diatur dengan ketat. Apabila mereka mengkritik pemerintah, maka akan dikenakan hukum penjara.

  1. Iran

20200113PHT70101 cl

Seperti yang kita tahu, Iran dikenal dengan hukum Islam yang ketat. Hal itu mencakup aturan-aturan terkait moralitas dan agama.

Pelanggaran hukum seperti perzinaan atau mengonsumsi minuman keras dapat dikenakan hukuman mati dengan pelaksanaan yang umumnya dilakukan melalui penggantungan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.