Jumat , 21 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

7 Khasiat Mengkonsumsi Cuka Apel Sebelum Tidur

870fb20968e824774530ab8bef6c6257eabb2a0c

Madingmu.com – Siapa sih yang tidak tahu cuka apel? Cuka apel dibuat dengan memfermentasi gula dari apel yang mengubahnya menjadi asam asetat, bahan aktif dalam cuka dan bahan tersebut dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh karena mengandung berbagai macam nutrisi.

Dilansir dari laman RS Siloam, cuka apel mengandung energi, karbohidrat, natrium, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, dan natrium. Kandungan bakteri probiotik dalam cuka apel juga baik untuk kesehatan karena mampu memelihara kesehatan saluran cerna.

Khasiat Mengkonsumsi Cuka Apel Sebelum Tidur

Manfaat cuka apel dapat dirasakan tubuh apabila bahan ini dikonsumsi sebelum tidur di malam hari. Dilansir dari Healthy Active, berikut manfaat mengonsumsi cuka apel sebelum tidur.

  1. Mengurangi Asam Lambung

asam lambung penyebab dan gejala

Cuka apel membantu dalam mengurangi gejala asam lambung, seperti heartburn dan refluks asam. Mengonsumsi cuka apel dalam jumlah kecil dan encer akan menetralkan dan mengatur produksi asam lambung, membantu menghindari refluks asam dan mulas. Meski begitu, konsumsi cuka apel sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter bila seseorang menderita penyakit kronis kelebihan produksi asam lambung.

  1. Menjaga Berat Badan

agar tetap ideal cek 10 cara menjaga berat badan di sini

Salah satu manfaat mengonsumsi cuka apel sebelum tidur adalah untuk menjaga berat badan. Manfaat tersebut dapat dirasakan karena cuka apel berguna meningkatkan rasa kenyang. Ketika seseorang merasa kenyang setelah mengonsumsi cuka apel, hal ini dapat mengekang nafsu makan dan membantu defisit kalori dengan mudah. Menjaga defisit kalori dan mengonsumsi protein yang cukup lewat cuka apel juga mampu merangsang penurunan lemak sehingga membantu tujuan pengelolaan berat badan. Di sisi lain, cuka apel juga bermanfaat untuk membantu penyerapan nutrisi secara optimal dalam tubuh.

  1. Mengontrol Gula Darah

IMG 20230527 222353

Mengonsumsi cuka apel secara teratur sebelum tidur dapat membantu tubuh dalam menjaga kadar glukosa darah. Manfaat tersebut dapat dirasakan karena cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh menggunakan glukosa dengan lebih efektif. Perlu diketahui bahwa penurunan sensitivitas insulin dan peningkatan kadar gula darah menjadi penyebab utama berkembangnya diabetes.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

044124400 1591869113 Pencernaan Sehat Daya Tahan Tubuh Meningkat Kok Bisa By LightField Studios shutterstock

Kesehatan pencernaan juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi cuka apel sebelum tidur. Mengonsumsi cuka apel di malam hari sebelum tidur dapat  membantu menstimulasi dan membantu asam lambung untuk pencernaan makanan yang optimal. Cuka apel juga mampu meningkatkan pH keseluruhan dan produksi asam di lambung yang membantu penyerapan nutrisi yang optimal dalam tubuh.

  1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

048119900 1584692359 penyakit yang disebabkan oleh bakteri doktersehat

Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel mempunyai sifat antimikroba yang membantu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di perut. Mengonsumsi cuka sari apel secara rutin sebelum tidur dapat membantu mengatur bakteri usus dengan menghambat pertumbuhan dan penyebaran bakteri. Dengan begitu, cuka apel membantu penyerapan nutrisi secara optimal dalam tubuh serta membantu menghindari beberapa penyakit yang berhubungan dengan usus.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

tipstidurteratur

Cuka apel bisa meningkatkan kualitas tidur karena mengandung asam amino seperti triptofan yang merangsang produksi melatonin dan serotonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Selain itu, cuka apel yang mampu mengontrol kadar gula darah, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan pH lambung dapat membantu tubuh merasa lebih rileks sehingga keinginan tidur dapat tercapai.

  1. Melawan Radikal Bebas

X Radikal Bebas yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh Halodoc.jpg

Stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh seiring berjalannya waktu. Untungnya, kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi cuka apel sebelum tidur. Mengonsumsi cuka apel di malam hari membantu tubuh memanfaatkan sifat antioksidannya secara maksimal.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.