Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

6 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam yang Wajib Kamu Kunjungi di Banyuwangi

mustdobanyuwangi 1

Madingmu.com – Banyuwangi merupakan ibu kota kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini dikenal memiliki banyak potensi wisata alam yang menyimpan keindahannya tersendiri.

Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Selat Bali menjadikan wisata di Banyuwangi lebih didominasi oleh pantai. Tapi enggak cuma itu lho. Di sini, kamu juga akan menemukan hutan, gunung, air terjun, savana, dan taman nasional yang menarik untuk dikunjungi.

Apa kamu tertarik untuk berkunjung ke Banyuwangi di masa libur lebaran ini? Deretan tempat wisata paling populer di Banyuwangi ini bakal bikin kamu pengin traveling ke sana lho, Simak infonya dibawah ini.

  1. Kawah Ijen

2023 01 kawah ijen 007

Destinasi wisata ikonis ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Daya tarik dari Kawah Ijen bukan saja karena kawah hijau nya dan pertambangan belerang yang menawarkan panorama fantastis, tapi juga adanya fenomena unik yaitu blue flame alias api biru. Blue flame adalah satu-satunya api biru yang ada di kawah gunung api aktif di dunia.

Dilansir dari detiktravel, fenomena api biru tersebut merupakan hasil dari bercampurnya gas hidrogen sulfida (H2S) bersuhu tinggi yang muncul dari retakan di bagian dalam kawah dengan belerang. Kondisi tersebut menghasilkan fenomena gas yang berwarna biru seperti lidah api.

Untuk bisa menikmati keindahan Kawah Ijen, kamu hanya perlu melakukan hiking sejauh 3 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam. Tiket masuknya pun dipatok seharga Rp5000 di hari biasa dan Rp7500 di hari libur.

  1. Hutan De Djawatan

hutan benculuk 02

Hutan De Djawatan aslinya merupakan kawasan hutan lindung milik Jawatan Perhutani. Akan tetapi setelah dipugar oleh pemerintah setempat, objek wisata yang berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi ini akhirnya menjadi begitu populer di kalangan wisatawan.

Area seluas 9 hektar ini memiliki pemandangan tak biasa berupa pohon-pohon trembesi yang rimbun dan menjulang tinggi, hingga disebut-sebut mirip dengan Hutan Fangorn yang ada di dalam film Lord of The Rings. Tak heran jika tempat ini menjadi incaran wisatawan yang ingin berburu foto dengan suasana di tengah hutan, karena tempatnya memiliki nilai estetik.

Pengunjung yang ingin main ke Hutan De Djawatan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp7500 per orang.

  1. Taman Nasional Alas Purwo

202302252339 main.cropped 1677343190

Tak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk melihat sabana. Taman Nasional Alas Purwo yang berada di area selatan Banyuwangi juga memiliki pemandangan sabana yang tak kalah indah lho. Sebagai kawasan konservasi, Taman Nasional Alas Purwo memiliki berbagai macam tipe ekosistem, mulai dari hutan mangrove, hutan gugur tropis, hutan bambu, sabana buatan, dan pantai. Kamu juga bisa menyaksikan kehidupan satwa langka seperti banteng jawa, anjung hutan Asia, lutung kelabu, hingga merak hijau.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp7500 per orang, kamu bisa menikmati keanekaragaman flora dan fauna di sana.

  1. Pulau Tabuhan

048986400 1581650952 Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan ialah pulau kecil tak berpenghuni yang berada di Selat Bali. Meski seperti terasing, akan tetapi pulau ini kaya akan potensi wisata yang bakal membuatmu susah move on setelah berkunjung ke mari.

Pulau Tabuhan dikenal sebagai area terbaik untuk bermain selancar layang (kiteboarding) karena kecepatan anginnya yang konsisten. Kemudian pulau ini juga punya area snorkeling dengan panorama bawah laut yang menakjubkan.

Berjarak sekitar 3 km dari daratan, kamu bisa menyewa perahu nelayan dari Pantai Grand Watu Dodol, Bangsring Underwater, atau Pantai Kampe dengan biaya sekitar Rp600 ribu untuk maksimal 10 orang.

  1. Pantai Plengkung

BANYUWANGI G

Pantai Plengkung adalah surga bagi para peselancar baik domestik maupun asing, dan populer dengan sebutan G-Land. Pantai ini menjadi salah satu pantai terbaik di dunia untuk berselancar (surfing), bahkan bersaing dengan Hawaii. Bagaimana tidak, Pantai Plengkung memiliki ombak besar yang bergulung-gulung sepanjang 2 km dengan ketinggian ombak sampai 8 meter.

Berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, harga tiket masuk Pantai Plengkung pada hari biasa dipatok Rp10 ribu–Rp15 ribu, sedangkan pada hari libur naik menjadi Rp20 ribu–Rp25 ribu.

  1. Teluk Hijau

large screen shot 2023 03 26 at 14 28 46 9269016e9483773d64d2fced3800dd49

Berada di dalam area Taman Nasional Meru Betiri, Pesanggaran, Teluk Hijau memiliki daya tarik dari air lautnya yang indah berwarna hijau kebiruan, serta hamparan pasir putih yang lembut. Warna air laut yang hijau itu berasal dari pantulan area hutan yang mengapit teluk ini, yang sekaligus menambah keindahan panorama Teluk Hijau.

Lantaran objek wisata ini termasuk hidden gem, akses menuju Teluk Hijau melalui jalur darat cukup sulit untuk dilalui. Jaraknya saja sekitar 90 km dari pusat Kota Banyuwangi. Namun, lelah selama perjalanan bakal terbayar lunas begitu kamu menyaksikan langsung keindahan dari Teluk Hijau.

Cukup merogoh kocek Rp7500 per orang untuk harga tiket masuk, kamu bisa menikmati suasana pantai yang jauh dari perkotaan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.