Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

6 PTN Ini Membuka Jalur Mandiri Tanpa Adanya Uang Pangkal, Cek di Bawah Ini!

lulus kuliah 169 1

Madingmu.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi (SNBT) kadang-kadang dapat menimbulkan kekhawatiran, terutama terkait dengan uang pangkal.

Namun, tahukah kamu bahwa ada jalur mandiri tanpa uang pangkal?

Dilansir dari laman Ayojakarta.com dari Tiktok @pejuangmasukptn, pada Sabtu, 23 Desember 2023, Berikut ini list PTN yang membuka jalur mandiri tanpa adanya uang pangkal.

  1. Universitas Indonesia (UI)

Mahasiswa baru program Sarjana yang diterima melalui Seleksi Masuk UI Regular, jalur mandiri, tidak dikenakan uang pangkal. Ini menjadi alternatif menarik bagi mereka yang ingin mengejar pendidikan tinggi di salah satu universitas terkemuka di Indonesia.

  1. Universitas Gajah Mada (UGM)

UGM menerapkan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) bagi mahasiswa yang diterima melalui Ujian Mandiri CBT (UMCBT) dan termasuk dalam kelompok UKT Pendidikan Unggul. Mahasiswa yang dikenakan UKT Pendidikan Unggul bersubsidi tidak perlu membayar SSPU, sehingga memudahkan akses bagi mereka yang ingin mengikuti jalur mandiri.

  1. Universitas Sriwijaya

Mahasiswa baik diploma maupun Sarjana dengan jalur masuk ujian saringan masuk bersama (USMB) hanya dikenakan UKT. Namun, perlu diperhatikan bahwa mahasiswa program Pendidikan Dokter tetap membayar uang pangkal.

  1. Institut Teknologi Sepuluh November

ITS tidak memungut uang pangkal untuk jalur prestasi. Seleksi ini juga tidak dikenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk program studi yang sudah terakreditasi atau unggul, dan dapat didaftar oleh pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah).

  1. Universitas Terbuka (UT)

UT menggunakan Sistem Pembayaran Paket Semester (SIPS) di jalur mandirinya, sehingga tidak memiliki uang pangkal. Sistem ini memberikan keleluasaan bagi mahasiswa yang ingin mengakses pendidikan tinggi melalui jalur mandiri tanpa beban biaya awal yang signifikan.

  1. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)

PTKIN seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STEIN) tidak menerapkan uang pangkal di jalur mandiri. Ini memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengejar pendidikan tinggi dengan bebas beban uang pangkal.

Itulah 6 PTN yang membuka jalur mandiri tanpa uang pangkal. Ada PTN incaranmu?

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.