Jumat , 21 Juni 2024
Editor's PickBeasiswaHeadlineTerpopuler

6 Beasiswa S1-S3 Dalam Negeri Yang di Buka Pada Awal 2024

graduation g45a88905d 1920 1 1140x760 1

Madingmu.com – Ada banyak beasiswa dalam negeri yang buka pada awal tahun 2024. Beasiswa ini dibuka mulai jenjang S1 sampai S3 dan menawarkan banyak keuntungan bagi calon mahasiswa. Mulai kuliah gratis sampai uang saku.

Setidaknya ada 6 beasiswa yang dibuka pada awal tahun 2024. Salah satu beasiswa yang sudah buka di awal tahun ini ialah beasiswa dari perusahaan Sinar Mas.

Masing-masing beasiswa ini memiliki persyaratan dan jadwal pendaftaran yang berbeda-beda. Berikut informasinya di bawah ini.

6 Beasiswa Dalam Negeri Buka Awal 2024

  1. Sinar Mas Scholarship

Beasiswa dari perusahaan besar Sinar Mas bisa kamu daftar sampai tanggal 31 Maret 2024. Beasiswa ini terbuka untuk lulusan SMA sederajat lanjut di ITSB (Institut Teknologi Sains Bandung) Cikarang.

Selain gratis kuliah, ada uang saku, kesempatan magang dan ikatan kerja.

Berikut persyaratannya :

  • Lulusan SMA/MAN IPA atau SMK Pertanian/SPP/SPMA.
  • Tinggi badan minimal 165 cm.
  • Tidak buta warna (total maupun parsial).
  • Lulus seluruh proses seleksi yang diadakan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food dan ITSB.
  1. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan

LPDP akan dibuka pada tanggal 11 Januari 2024. Beasiswa dalam negeri ini merupakan pemberian bantuan kuliah bagi jenjang S2 dan S3. Kamu bisa kuliah di dalam dan luar negeri dengan pembiayaan penuh, uang saku, bantuan biaya buku dan lainnya.

Persyaratan sendiri akan berbeda-beda tergantung dari jenis beasiswa LPDP mana yang diambil. Namun secara umum, berikut ini ketentuannya:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister.
  • Memenuhi batas usia masing-masing jenis beasiswa.
  • Memenuhi minimal IPK masing-masing jenis beasiswa.
  • Memiliki sertifikat bahasa Inggris sesuai ketentuan.
  1. Beasiswa Bank Muamalat

Bank Muamalat membuka 600 kuota beasiswa bagi calon mahasiswa tahun 2024.

Kriteria utama penerima beasiswa adalah termasuk dalam asnaf atau golongan orang-orang yang berhak menerima zakat sesuai ketentuan Islam.

Selain itu, penerima manfaat juga harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75, aktif berorganisasi, dan tidak sedang mengikuti program beasiswa lainnya.

  1. PT Pos Indonesia

Beasiswa dalam negeri lainnya yaitu PT Pos Indonesia membuka beasiswa untuk kuliah gratis di kampus Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI).

Untuk persyaratan sendiri ialah lulusan SMA/SMK/MA pada 2020-2024 dan mengikuti tes seleksi khusus yang terdiri dari tes potensi akademik (TPA), psikotes, tes kesehatan, dan wawancara dari PT Pos Indonesia (Persero).

  1. Kartu Indonesia Pintar Kuliah

KIP Kuliah 2024 akan dibuka sesuai dengan jadwal seleksi nasional bagi mahasiswa baru. Pada tahun ini, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) akan dibuka pada tanggal 14 Februari 2024.

Berdasarkan jadwal beberapa tahun sebelumnya, KIP Kuliah bisa dibuka berbarengan dengan SNBP atau satu hari sebelum seleksi dibuka.

Mahasiswa bisa dapat bantuan biaya pendidikan sesuai akreditasi prodi dan biaya hidup sesuai klaster wilayah.

  1. Telkom University

Tel-U membuka beasiswa Indonesian Gold Generation Scholarship yang merupakan kolaborasi Telkom University dengan Forum Osis Jawa Barat.

Berikut persyaratannya :

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat lulusan 2023 dan 2024 yang berdomisili di Indonesia.
  • Persyaratan rapor, lulusan tahun 2023: nilai rapor semester 1 s.d. 6 dan lulusan tahun 2024: nilai rapor semester 1 s.d. 4.
  • Peserta dapat memilih 2 program studi.
  • Wajib mengikuti akun instagram @iggscholarship, @smbtelkom, @forumosisjabar.id dan @medpel.id.

Berikut adalah persyaratannya :

  • Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP.
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Demikian 6 beasiswa dalam negeri S1-S3 yang dibuka pada awal tahun 2024.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.