Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Tips Merawat Kulkas di Rumah agar Lebih Awet!

Cara Merawat Kulkas Agar Selalu Bisa Bekerja Seperti Baru 5

Madingmu.com – Keberadaan kulkas di sebuah rumah sangatlah begitu penting. Karena dengan adanya kulkas, makanan yang disimpan menjadi lebih awet dan tidak mudah membusuk.

Agar kulkas tidak cepat rusak maka kulkas perlu dirawat dengan benar. Dilansir dari laman detikFood, berikut ini beberapa tips merawat kulkas agar lebih awet.

  1. Tidak Menyimpan Makanan Terlalu Penuh

tips menyimpan makanan di kulkas 2

Terkadang, salah satu kebiasaan banyak orang setelah berbelanja banyak adalah dengan memasukkan seluruh makanan ke dalam kulkas. Padahal, selain tidak disarankan memasukkan semua makanan ke dalam kulkas, juga tidak boleh membuat kulkas menjadi terlalu padat.

Karena kulkas yang terlalu padat dapat membuat sirkulasi udara terganggu, sehingga membutuhkan energi yang lebih tinggi dan merusak kemampuan pendinginnya. Sebaiknya, isi kulkas hanya sampai 3/4 penuh saja.

  1. Memperbaiki Kerusakan Sekecil Apapun

B111923 1 Ada Kerusakan Bagian Freezer 1024x538 1

Kerusakan sekecil apapun pada kulkas harus segera diperbaiki. Bahkan, sekedar karet pintu yang kendur atau ventilasi yang tersumbat bisa berdampak besar. Biasanya, kerusakan kecil seperti ini dapat memicu kerusakan besar hingga akhirnya kulkas tidak bisa lagi digunakan.

Ketika ada beberapa komponen yang rusak, kemampuan kulkas untuk mendinginkan makanan juga akan menurun. Karena itu, perbaiki kerusakan sekecil apapun pada kulkas demi memanjangkan usia kulkas.

  1. Memperhatikan Posisi Ventilasi

og image buying guide refrigerator

Di dalam kulkas, baik bagian freezer maupun pendingin, ada ventilasi yang tidak boleh tertutup. Namun seringkali ventilasi ini tertutup oleh kotak makanan atau makanan itu sendiri.

Alhasil, sirkulasi udara di dalam kulkas tidak akan berlangsung maksimal. Seluruh bagian kulkas tidak mendapatkan suhu yang sama, sehingga bisa menyebabkan banyak bahan makanan yang rusak.

  1. Membersihkan Bagian Karet pada Pintu

cara bersihkan karet kulkasjpg 20230502114138

Selain membersihkan bagian rak, bagian karet yang mengitari pintu kulkas juga perlu dibersihkan. Karet pada pintu kulkas berfungsi untuk membuat kulkas kedap udara, sehingga suhu hangat dari luar kulkas tidak mudah masuk dan merusak makanan akibat suhu yang tak stabil.

Cara membersihkannya, siapkan lap basah dan air sabun jika diperlukan. Kemudian gosok perlahan pada bagian karet pintu kulkas hingga seluruh sela-selanya bersih dari kotoran.

  1. Membersihkan Bagian Belakang

cara membersihkan belakang kulka 20221208085611

Ada komponen penting pada belakang kulkas yang tak boleh lupa dibersihkan, yaitu koil kondesor yang berfungsi untuk mengatur suhu dingin pada kulkas. Komponen ini sangat penting untuk menghasilkan suhu yang tepat agar makanan di dalam kulkas tak mudah busuk atau rusak.

Namun, karena posisinya yang berada di bagian belakang dan sudut bawah, membuat komponen ini selalu lupa untuk dibersihkan. Padahal koil kondesor yang kotor atau tertutup debu idealnya dibersihkan dengan jeda 6 bulan sekali

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.