Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

5 Sekolah Kedinasan Gratis dan Langsung Kerja Jadi PNS, Masa Depan Cerah

12 lulusan sekolah kedinasan indonesia yang langsung kerja

Madingmu.com – Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan lembaga pemerintah baik itu kementerian maupun lembaga. Ada beberapa sekolah kedinasan yang gratis karena ditanggung oleh pemerintah. Sekolah kedinasan yang bisa langsung kerja ini karena berstatus ikatan dinas alias bisa diangkat menjadi PNS. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 sekolah kedinasan gratis dan bisa langsung bekerja menjadi PNS

  1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN adalah sekolah kedinasan milik Badan Intelijen Negara (BIN) yang menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang intelijen. Siswa yang lolos menjadi taruna taruni STIN bisa merasakan benefit berupa sekolah gratis.

Dalam praktiknya, taruna taruni dipersiapkan sebagai personal intelijen negara untuk menjaikan intelijen secara tepat, cepat, dan akurat. STIN memiliki beberapa prodi S1, yakni Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen. STIN juga membuka program pascasarjana untuk jenjang S2 dan S3 sebanyak enam prodi.

  1. Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS). Sekolah kedinasan ini sudah berdiri sejak tahun 1958. STIS juga masuk dalam daftar sekolah kedinasan gratis dan langsung kerja menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan BPS. Lulusan D3 STIS bakal diangkat sebagai calon aparatur sipil negara (CASN) golongan II/C di BPS di seluruh Indonesia.

Sementara itu, lulusan D4 STIS akan diangkat menjadi CASN golongan III/A dan dapat ditugaskan di BPS, kementerian, lembaga, atau instansi lainnya di seluruh Indonesia. STIS menyediakan empat prodi yakni D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statistik.

  1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). IPDN memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat.

IPDN memiliki kampus pusat di Jatinangor di Sumedang Jawa Barat, Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Papua. Setelah menyelesaikan studi, praja IPDN lulus, mereka dapat mengisi formasi PNS di lingkungan pemerintahan, baik di kementerian atau pemerintah daerah.

  1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

STAN adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). STAN termasuk sekolah kedinasan paling diminati karena berbagai keuntungan yang diberikan. Mulai dari sekolah gratis hingga lulus bisa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan kerja Kemenkeu. Pendidikan program diploma yang diselenggarakan STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan negara. Lulusan PKN STAN diharapkan mempunyai keahlian tertentu, seperti akuntansi, perpajakan, pajak bumi dan bangunan, kebendaharaan negara, termasuk kepabean dan cukai.

PKN STAN menyediakan beberapa program studi (prodi), yakni:

  • D4 Akuntansi Sektor Publik.
  • D4 Manajemen Keuangan Negara.
  • D4 Manajemen Aset Publik.
  • D3 Akuntansi.
  • D3 Pajak.
  • D3 PBB/Penilai.
  • D3 Kepabean dan Cukai.
  • D3 Kebendaharaan Negara.
  • D3 Manajemen Aset.
  1. STMKG

STMKG atau Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika merupakan sekolah kedinasan milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Siswa yang lolos masuk ke STMKG juga bisa menikmati benefit sekolah gratis. Keuntungan bersekolah di STMKG adalah diangkat menjadi ASN golongan 3A dan mendapat pelatihan semi militer untuk meningkatkan kedisplinan. STMKG punya beberapa empat prodi, yakni D4 Meteorologi, D4 Klimatologi, D4 Geofisika, dan D4 Instrumentasi.

Follow Juga : Instagram madingmu  

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.