Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

5 PTN yang Membuka Jalur Khusus Untuk Ketua OSIS, Peluang Emas Kuliah 2024

side view students learning together

Madingmu.com – Menjadi ketua OSIS sangat memberi keuntungan bagi siswa. Sebagai organisasi yang mewadahi siswa, OSIS menjadi cikal bakal untuk menapaki organisasi berikutnya ketika berada di perguruan tinggi seperti BEM, UKM, dan organisasi kepemudaan lainnya. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi siswa jika terpilih menjadi ketua OSIS, kalian bisa menggunakan status sebagai ketua OSIS untuk masuk di jalur khusus yang disediakan oleh perguruan tinggi negeri (PTN).

Berikut ini ada 5 PTN yang menyediakan jalur khusus untuk ketua OSIS pada 2023 sebagai informasi untuk daftar kuliah 2024 mendatang.

  1. IPB University

PTN yang dipimpin oleh Prof Arif Satria ini juga membuka jalur ketua OSIS sejak 2019. IPB University membuka jalur ketua OSIS pada seleksi mandiri. Paa 2023 jalur ini dibuka 1 Februari hingga 31 Maret 2023.

  1. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Pilihan untuk SNBP 2024 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka jalur untuk ketua OSIS di jalur Prestasi Kepemimpinan dan bahkan tak hanya ketua namun sekretaris OSIS punya kesempatan di jalur ini. Kalian cukup sertakan surat keputusan atau sertifikat pengurus OSIS dari kepala sekolah untuk mendaftar.

  1. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga mempunyai seleksi golden ticket yang salah satu kriteria penerimanya adalah ketua OSIS tanpa tes karena dianggap memiliki prestasi luar biasa. Golden ticket tahun ini dibuka bersamaan dengan Airlangga Education Expo (AEE) pada 3-5 Februari 2023. Selain ketua OSIS, golden ticket juga diberikan kepada para penghafal kitab suci agama yang diakui di Indonesia, dan prestasi akademik dan non akademik lainnya.

  1. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas Hasanuddin merupakan satu-satunya PTN di luar Pulau Jawa yang membuka jalur khusus ketua OSIS bahkan jadwal penerimaanya sudah lebih dulu dibandingkan dengan jalur mandiri Unhas lainnya. Penerimaan mahasiswa baru di Unhas khusus untuk ketua OSIS di jalur mandiri. Jalur ketua OSIS di Unhas tahun ini dibuka pada 14 Februari hingga 15 Maret 2023 melalui laman regpmb.unhas.ac.id.

  1. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Jalur khusus ketua OSIS di Universitas Sebelas Maret dibuka pada Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda yang pernah mengemban sebagai ketua OSIS dan Pramuka minimal satu periode. Jalur untuk ketua OSIS dan ketua Pramuka di UNS tahun ini dibuka 23 Mei hingga 10 Juni 2023. Setiap pendaftar diberikan kesempatan untuk memilih maksimal dua program studi.

Itulah 5 PTN yang membuka jalur khusus untuk ketua OSIS. Semoga membantu dan selamat mendaftar.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1149
Terpopuler1108
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.