Senin , 15 Juli 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

5 Manfaat Rebusan Daun Singkong yang Jarang Diketahui Orang!

080483400 1597193834 pexels ibrahim hasan 5084439

Madingmu.com –  Singkong adalah tanaman umbi-umbian dan makanan pokok di sejumlah daerah di Indonesia. Singkong merupakan sumber karbohidrat, vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niasin.

Tak hanya umbinya, daun singkong juga bisa dikonsumsi lho. Dilansir dari Medical News Today, rebusan daun singkong mengandung protein hingga 25 persen.

Kandungan Gizi Daun Singkong

Daun singkong mengandung vitamin, protein, mineral, dan asam amino esensial. Protein yang terdapat pada daun singkong membantu membentuk sel-sel tubuh dan menyusun sistem enzim. Ketersediaan asam amino membantu mengubah energi menjadi karbohidrat.

Selain itu, asam amino juga dapat membantu memulihkan luka pada kulit, membantu meningkatkan daya ingat, kesehatan tulang, dan sistem metabolisme tubuh. Klorofil yang terdapat pada daunnya memberikan sifat antikanker dan antioksidan. Lantas,

Apa Saja Sih Manfaat Rebusan Daun Singkong?

  1. Meningkatkan Imunitas

gym gdc685db95 1280

Daun singkong mengandung serat pangan yang baik dan dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Senyawa tersebut dapat berkontribusi pada keseimbangan mikrobiota usus dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daun singkong juga mengandung banyak vitamin C dan folat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mengobati Diare

JV 13 Agustus Cara Mudah Mengobati Diare di Rumah

Dilansir dari laman Health Benefits Times, air rebusan daun singkong dapat bermanfaat untuk mengobati diare. Hal ini karena daun singkong mengandung zat astringen dan senyawa antimikroba yang dapat membantu mengurangi kelebihan cairan di dalam usus. Kemudian air rebusan daun singkong juga dapat melawan infeksi yang menyebabkan diare.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu merebus 7 lembar daun singkong dengan 4 gelas air, rebus daun singkong hingga menyisakan 2 gelas. Ekstrak air rebusan daun singkong ini sebaiknya diminum dua kali sehari untuk menyembuhkan diare.

  1. Membantu Mengobati Rematik

rematik 169

Mengobati rebusan daun singkong dapat bermanfaat untuk mengobati rematik. Daun singkong memiliki jumlah magnesium yang tinggi dan dapat bermanfaat untuk menurunkan tingkat tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit rematik. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu merebus 150 gram daun singkong, 15 gram jahe, sedikit serai dan garam. Itu harus direbus sampai kira-kira 400 cc.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Menambah nafsu makan anak scaled 1

Mengonsumsi daun singkong rebus dengan bawang putih dan garam dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan lho. Bagian dari singkong seperti batang dan umbinya juga dianggap sebagai obat tradisional untuk membantu mengembalikan napsu makan. Ramuan daun singkong dengan jahe sebaiknya diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

  1. Mengurangi Radang Sendi

WhatsApp Image 2023 07 27 at 10.47.33

Manfaat rebusan daun singkong lainnya dapat dirasakan penderita radang sendi. Pasalnya, daun singkong mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium merupakan mineral penting yang banyak memberi manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan. Mineral tersebut juga menurunkan risiko patah tulang karena dapat menjaga kepadatan tulang.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.